Semua tentang Chef Juna (Juri Master Chef Indonesia)

null

Siapa sih yang nggak kenal sama Chef Juna yang galak, sangar, dan kejam dalam berkomentar? Yang nonton perdana Master Chef Indonesia 01 Mei 2011 kemarin pasti tau. Pada artikel ini akan aku ceritakan perjalanan karir dan masa mudanya.
null

Profil
Junior Rorimpandey namanya. Chef asal Manado yang lahir pada 20 Juli 1975 ini, kurang begitu hot dibahas di Indonesia, karena Chef ini lebih terkenal di luar negeri. Hm..aku yakin setelah adanya Master Chef Indonesia, Chef Juna akan semakin dikenal banyak orang.

Banyak yang mengira Chef Juna ini bukan siapa-siapa. Setelah googling tentang Chef Juna, yang kulihat dari forum-forum, banyak yang kurang suka dengan Chef ini. Rata-rata berkomentar, “Sangar amat komentarnya..kejam”, “jahat banget tuh orang”, “dia bikin acara makin tegang aja”, “ah kayak dia bisa masak aja”, “masa komentarnya nggak bermutu gitu sih”, “komentar yang membangun dikit kek..masa kasar gitu ngomongnya”.

Waktu aku liat Chef Juna memberi contoh memotong bawang bombay di Master Chef Indonesia, aku tau kalau ia punya kemampuan masak yang cukup tinggi. Dari cara memegang pisau dan kecepatan mengiris bombay. Terutama waktu ia membuang paprika dan garnish pada hidangan yang dimasak salah satu peserta (lupa namanya). Kenapa? Jelas aja karena paprika nggak akan dihidangkan mentah-mentah di piring. Di luar negeri, walaupun hanya dijadikan hiasan, yang tersaji di sebuah piring itu harus bisa dimakan. Beda dengan Indonesia, yang rata-rata hiasannya menggunakan sayuran mentah dan itu hanya hiasan, bukan untuk dimakan.

Sumber yang kudapat menggunakan bahasa inggris dan disini akan aku ceritakan ulang dengan gaya tulisanku sendiri secara detail.

Karir
Profesi Chef Juna terjadi secara nggak sengaja. Pada tahun 1997, ia pergi ke Amerika Serikat (Brownsville, Texas) untuk sekolah penerbangan. Chef Juna telah mendapat lisensi pilot, tapi ditengah mengambil lisensi komersial, sekolah penerbangannya bangkrut. Akhirnya ia pergi ke Houston untuk lanjutkan pelatihan. Awal 1998 disaat Indonesia sedang dilanda krimon (krisis ekonomi), ibunya nggak bisa membantu keuangannya di luar negeri, dan akhirnya ia harus mencari kerja walau secara ilegal (belum mendapatkan ijin kerja).

Berbagai pekerjaan yang dicoba Chef Juna, akhirnya ia kerja di restoran tradisional Jepang sebagai waiter (pelayan). Setelah 2 minggu, master sushi menawarkannya untuk jadi muridnya, Chef Juna terima tawaran itu. Ia akhirnya mulai dari dasar dan dilatih sangat keras. Pemilik restoran itu kagum dengan kinerjanya dan mensponsori Chef Juna untuk mendapatkan Permanent Resident (ijin tinggal).

Pada tahun 2002, Chef Juna mengambil alih sebagai head chef (kepala koki) di restoran karena sushi master yang melatih Chef Juna ini pindah ke restoran lain. Di tahun 2003, ia pindah kerja ke restoran sushi nomor satu di Houston yang bernama Uptown Sushi. Setelah beberapa bulan, ia menjadi Executive Chef disana. Masuk ke tahun 2004, Chef Juna mulai jenuh dengan masakan Jepang, dan akhirnya ia pindah ke restoran Perancis, The French Laundry yang dikenal sebagai restoran yang menerapkan standar tinggi. Ia mulai dari awal lagi. Lalu, ia juga mencari pekerjaan di tempat lain agar dapat belajar lebih banyak.

Di French Laundry, ada hukuman bagi yang melakukan kesalahan walau kesalahan sederhana. Mereka dilatih dengan baik dan disiplin yang diterapkan seperti militer. Disana Chef Juna belajar banyak teknik, mengontrol protein pada makanan, dan menciptakan makanan yang dihias cantik dan sangat enak. Nggak heran waktu Chef Juna menilai peserta Master Chef Indonesia sangat galak. Galaknya pasti keluar kalau liat makanan yang dihias berantakan dan rasanya hambar. Wajar, koki ganteng tapi sangar ini berpengalaman.

null
“Memasak adalah suatu yang anda cintai ketika anda berada di dapur, dan itu bukan hanya sekedar pekerjaan. Itu adalah sebuah gairah dan pekerjaan yang sulit. Saya suka memasak karena saya menilai masak sebagai seni. Ketika saya membuat hidangan baru, itu seperti telah selesai sebuah proyek seni. Berjuang untuk kesempurnaan membuat masakan yang lezat dengan bahan berbagai warna dan terlihat cantik di piring. Setiap malam saya memasak di dapur, terutama malam yang super sibuk, saya merasa bahwa prestasi saya tercapai karena saya membuat pelanggan kenyang, senang dan memberikan mereka pengalaman bersantap yang hebat. Saya juga suka suasana dapur yang sibuk, suara panci panas saat bahan masakan dimasukkan, suara peralatan masak, orang-orang berkomunikasi satu sama lain tentang apa yang mereka lakukan, semua itu seperti musik di telinga saya”, kata Chef Juna yang pernah menjadi Executive Chef di restoran Jack Rabbit Jakarta.
null

Mengagumkan! Nggak nyangka kan kalau Chef Juna ini koki yang hebat? Padahal dulunya Chef Juna ini naik motor Harley loh.

Masa muda
Waktu umur 17 tahun, Chef Juna ini termasuk anak berandalan, ia buat sebuah geng yang bernama Bad Bones. Dengan mengendarai Harley, mereka ngebut dan nggak peduli kemanapun mereka pergi.

“Saya pernah kuliah teknik perminyakan selama 3,5 tahun di Indonesia, tapi nggak selesai karena saya terlalu nakal. Akhirnya saya memutuskan untuk membenahi hidup, berubah, dan pindah ke Amerika. Saya sampai menjual motor kesayangan untuk biaya sekolah di sana”

Diculik, disiksa, overdosis dan hampir ditembak di kepala udah pernah dirasakan Chef Juna. Merokok dan terjerumus dalam narkoba juga pernah. Tapi ia berubah karena ia punya pemikiran berbeda.

Di kedua lengan Chef Juna ini bertato. Tato itu dibuat waktu Chef Juna umur 15 di Bali, dengan menggunakan mesin buatan sendiri yang menggunakan jarum jahit.

Cinta
Menurut media, Chef Juna ini berpacaran dengan Aline Tumbuan atau Caroline Ingrid Adita.
null

Sumber : CNN Go. FRV Travel, Fimela, dan KapanLagi.com

Baca juga :
Profil Juri Master Chef Indonesia | Vindex, Juna, Marinka

Terima kasih bagi yang udah copy tulisan ini untuk dipublikasikan ke blog atau forum.
Agar Semakin banyak orang mengenal para juri :) Jujur aku kurang setuju orang-orang berpendapat “ganti aja jurinya, sok galak, nggak berbobot komen nya, dibuat-buat” atau sejenis nya.

474 thoughts on “Semua tentang Chef Juna (Juri Master Chef Indonesia)”

  1. Tanpa shef juna mggak seru….kalau ad shef juna pasti seru karna ada tegang nya aku pengagum setia mu ni lagu buat shef juna ciptaan ak ak mengagumi orang yg tak mengenali ku aku ingin memiliki orang yg tak tau siapa aku akulah pegagum mu aku lah pengagum setia mu ak hanya bs milikimu di dlm mimpi

  2. Bangga deh sama calon pilot yg jadi chef,, emang yah kalo Tuhan merencanakan lain dari apa yg kita harapkan. Yang jauh lebih baik dari yang qt inginkan.

  3. kak Juna idola saya..,,saya ingi jadi master chef speri kak Juna deehh……tingkatkan prestasi ya kak,,, GBU

  4. perbanyak acara masaknya chef juna di tv yah+ciptakan inovasi2 baru tentang kuliner khusudx masakan daerah:)

  5. Menurut saya, setiap juri masterchef indonesia pst pny kriteria masing2.
    Dan chef juna dpt peran yang hrs tegas dgn kenyataan, dan menurut orang kita dia itu sok galak / ga berbobot. tp sebenarnya kritik dia harus membuat peserta harus lebih baik dan tdk boleh puas dgn kemampuan yang dia punya.

  6. Kenapa sih,chef juna diganti sm chef arnol..jadi gak semangat nntn master chef season 3.tooolLlloooonnnggg chef juna balik └ά̲̣̣G̲̣̣̣̥ɪ̣̝̇ dimaster chef.

  7. Chef kapan2 main ke gorontalo atw sulawesi utara
    Pasti udah lma ngk main2 ke kmpung halaman sendiri

    Aku mau nantang masak
    Soalnya aku doyan masak sma kuliner

  8. mhmmm kalo menurutku, Juna cakep, pinter masak, judes juga :) hehhe…
    Tapi aku orang yg ga suka ribet, masak ga karuan gpp, yg penting SEHAT no 1. baru rasa, baru aroma, baru bentuk… hehheh… maaf yah, bukan mau meremehkan masak, malah aku salut dg orang2 yg bisa memadukan ke-4 hal tsb jadi no. 1 semua.
    Tapi skala prioritas kita kan beda-beda…. ciaoowww

    mhmmm… aku lebih suka sama FARAH QUIN…. cakep, seksi, masaknya ga ribet, kayanya juga enak…hehhe…ga blom pernah nyobain

    1 lagi, Farah Quin masak melulu tapi ko tetep langsing seksi and cantik yah?? bau bawang ga sich?? xixixixixi…

  9. saya suka dengan cheef juna. walaupun dia galak. lanjutkan cheef juna.
    jika ada kesempatan saya ingin menentang anda

  10. I like you, juno, the way you are. eventhought the people said you are arrogant, galak,jutek and sangar, but that’s the way i like you.you are my type.

  11. waah gilaa bener cerita hidupnya, dulunya pngen jadi pilot malah belok k masak, salut buat chef juna, semga ane bisa kaya chef, aamiin

  12. chef juna memang hebat.salut dgn perjuangan chef juna.saya pengen jadi chef seperti chef JUNA.BAGI BAGI ILMU MASAKNYA YA CHEF.good LUCK CHEF.

  13. hmmmm…. good experience… nice person,, sexy,, like it..
    komentar yang di berikan chef juna memang pedas,,tapi semua itu untuk kebaikan peserta master chef Indonesia,,, GBU chef…

  14. Dear Chef Juna,

    Aku Rini bekerja di sebuah EO di Jogja, kalo mau mengundang chef Juna di event-ku
    bisa hubungi siapa ya?

    info please…

    Thx

    Rini085.868.336.961

Apa komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s