montalin 01

Kapsul jamu Montalin perlu diwaspadai

montalin 01Awalnya aku tau kapsul jamu ini dari tanteku yang dari Medan, lagi main ke Jakarta.
“Kapsul ini bagus banget lho, baru minum sekali aja udah berasa efeknya”, kata tante sambil kasih sebungkus kecil warna hijau. Kebetulan kaki mama sering sakit dan nyeri, ya maklum lah udah berumur, apalagi sering minum yang dingin padahal seharusnya nggak boleh.

Besoknya, mama cerita dengan muka yang penuh bahagia, “Kaki mama udah nggak sakit lagi lho, enteng banget rasanya, mama udah lagi suruh supir beli ke apotik tuh”.

Wah ternyata ramuan herbal bagus juga ya khasiatnya, pikirku.

Nggak lama kemudian, supirku kembali dengan tangan kosong. Katanya udah keliling hampir semua apotik terdekat, nggak ada yang jual. Aku dan mama heran, masa obat sebagus itu nggak dijual di apotik sih?

“Yaudah nanti kita coba cari di toko obat tradisional”, kata mama.

Sewaktu pergi, kami mampir dulu ke toko obat tradisional. Supir yang turun untuk beli.
Baru juga masuk sebentar, supirku keluar lagi dan masuk ke mobil, “Nggak jual juga”, katanya.

Aku gemas juga, masa sebagus ini nggak ada satupun yang jual sih?

montalin 02
Produksi PJ. Air Madu

Akhirnya aku coba perhatikan kemasannya.

Aku berinisiatif googling tentang PJ. Air Madu. Siapa tau ada websitenya atau ada distributor maupun agennya, khan praktis kalau bisa beli secara online.

Nggak disangka, hasil yang muncul malah menyatakan kalau kapsul jamu Montalin ini berbahaya dan mengandung bahan kimia.
montalin 03

Kalau cari nomor BPOMnya di Google, BPOM udah nyatakan sejak 2010 kalau Montalin ini berbahaya.
montalin 04

Kalau cari nomor BPOMnya di website resmi BPOM, nggak ada hasil sama sekali karna memang nomor itu palsu.
montalin 05
Mungkin kita sangat percaya kalau suatu produk cantum nomor BPOM di kemasannya. Tapi siapa yang tau ternyata yang dicantum adalah nomor BPOM palsu?

Nggak semua orang niat banget mengecek semua nomor BPOM yang tercantum di setiap produk yang digunakan atau dikonsumsi.

Sejak aku tau Montalin berbahaya, aku minta mama untuk berhenti minum. Setelah mama berhenti minum, sakit kakinya kambuh lagi.

Wah nggak beres ini obat, efeknya langsung enteng terasa waktu pertama kali minum, ternyata mengandung bahan kimia.

Kalau sayang sama orang terdekatmu, sebarkan tentang Montalin ini :)

31 thoughts on “Kapsul jamu Montalin perlu diwaspadai”

  1. makasih infonya.. hrs larang ibuku minum montalin nih, sebetulnya krn reaksinya cepat.. bikin aku khawatir tp jg penasaran sampai googling knpa majur banget ini jamu, ternyata ada bahan kimia dan tidak ada izin bpom.

  2. Ini q buka di promosi jamu.kebetulan orang tua’Q minum muntalin karena kena lumpuuh. Setelah saya cari2 info’nya ini yg saya dapat :
    MONTALIN – Merupakan Kapsul yang terbuat dari daun antanan yang berkhasiat tinggi untuk menyembuhkan segala macam penyakit.

    Komposisi :

    - centella asiatica   35%

    - glaziosa superbal 20%

    - minosa pudical 10%

    - phyllantnus urinalialin 10%

    - sonchus arvesisi 10%

    - dan lain lain sampai (BAHAN KIMIA OBAT) 10% 

    Berkhasiat :

    1. Asam Urat, 2. Stress, 3. Rheumatik Menahun, 4. Kaki Bengkak, 5. Otot Terasa Kaku, 6. Menurunkan Kolesterol, 7. Menghancurkan Bekuan Darah, 8. Demam, 9. Bronhitis, 10. Meriang, 11. Menstabilkan Hormon, 12. Menjaga stamina sehingga membuat orang panjang umur

    ATURAN PAKAI : 
    menjaga kesehatan 1 kali dalam tiga hari 1kapsul

    pecegahan penyakit 2 kali sehari 1kapsul

    pengobatan penyakit 2 kali sehari 2kapsul 

    KEMASAN :   1 Box isi 12 sachet @ 4 kapsul

    PRODUKSI : PJ AIR MADU MAGELANG - INDONESIA

    PERHATIAN!! hindari makanan yang berupa kacang-kacangan, jeroan, labu siam serta kurangan minum kopi dan rokok.supaya penyakit yang anda derita cepat sembuh

    jamu ini tidak memiliki nomor, Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM), karena mengandung unsur bahan kimia obat, ( deksametason, fenilbutason, dan parasetamol,) sekitar 20%…… tapi sangat berkhasiat bagi penyakit yang anda derita sehingga akan cepat sembuh..  maka dari itu harus diperhatikan aturan pakai !!!!! 

    1. Pengobatan kronis,  minum 2x sehari (2kapsul)

    1. Pengobatan kronis,  minum 2 kali sehari (2 kapsul)

    2. Pengobatan ringan, minum 3 kali sehari (1 kapsul)

    3. Pencegahan : minum 1 kali sehari (1 kapsul, Konsumsi rutin setiap hari sampai 1box (48 kapsul),

    4. Menjaga kesehatan, minum 1 kali dalam 3 hari (1 kapsul)

    5. Dilarang minum jamu ini, bagi penderita ginjal dan gangguan hati

    6. Apabila terjadi gejala alergi seperti : sesah napas, gatal gatal, dan pusing, setelah minum kapsul ini, harap di hentikan, karena jamu ini tidak cocok,kemungkinan elergi obat, walau berkhasiat terhadap penyakit yang anda derita.

    7. Apabila sudah minum lebih dari 1box , tapi tidak juga ada perubahan terhadap penyakit yang anda derita,  harap minum jamu ini dihentikan….!!!

    8. Tidak boleh mengkonsumsi jamu ini, dalam jumlah yang besar/ berlebihan, maximal 20 kotak, bagi yang kronis. dan maximal 10 kotak bagi pencegahan. Kalau berlebihan nanti akan mengakibatkan gagal ginjal dan gangguan hati

    9. Jangan meminum jamu kapsul palsu/tiruan dan kosultasi dengan pihak yang menjual

    Keterangan efek BKO yang dikandung antara lain :

    1. Deksametason dapat menyebabkan moon face, retensi cairan dan elektrolit, hiperglikemia, glaukoma (tekanan dalam bola mata meningkat), gangguan pertumbuhan, osteoporosis, daya tahan terhadap infeksi menurun, miopati (kelemahan otot), lambung, gangguan hormon dan lain-lain.

    2. Fenilbutason dapat menyebabkan mual, muntah, ruam kulit, retensi cairan dan elektrolit (edema), pendarahan lambung, nyeri lambung, dengan pendarahan atau perforasi, reaksi hipersensitivitas, hepatitis, nefritis, gagal ginjal, leukopenia, anemia aplastik, agranulositosis dan lain-lain.

    3. Parasetamol dalam penggunaan yang lama dapat menyebabkan gangguan / kerusakan ginjal & hati.

  3. untung saya dapat artikel ini, tetangga saya tawarkan obat ini tapi saya bilang pikir2 dulu, wah saya nggak mau beli deh, dari pada ibu saya kenapa2, lebih baik mencegah.

  4. Saya juga pernah nyoba jamu ini, karena dikasih teman. Memang benar efeknya cepat;ngilu-ngilu di jari tangan hilang esok paginya;
    Tapi saya curiga juga, Setelah saya cek di website resmi BPOM Memang mengandung kimia ; Artinya Pemerintah sudah memberikan “Warning kepada publik ” bahwa obat tradisional /jamu ini seharusnya tidak menggunakan bahan kimia Paracetamol dan Natrium Diklofenak yang keduanya mempunyai efek samping; Apalagi dosis yang digunakan tidak dicantumkan;
    Dan saya merasakan efek samping nya : ” sakit tenggorokan dan kepala pusing ” dan pegal/ngilu di jari-jari tangan terasa kembali; Kalau dipikir: ” dosis nya berapa ini jamu pakai paracetamol sama Natrium diklofenak, bisa ngilangin rasa sakit dan ngilu….wooooooowwww?
    Jadi : ” selain merusak citra obat tradisional yang seharusnya fully herbal koq ada unsur kimia obat” ( lihat di apotekputer.com (Menambahkan Bahan Kimia Obat Merusak Citra Obat Tradisionil Indonesia Written by Azril Kimin) :
    Mengkonsumsi jamu ini perlu berfikir jauh…..sama efek sampingnya…..

  5. Ayo, yang punya uang lebih, beli produknya dan bawa ke laboratorium untuk di cek kandungannya. :D
    Mau sehat, ayo ubah gaya hidup.

  6. obat tidak mengobati sakit tapi hanya menggurangi rasa sakit , kalau sakit yang akut pergi aja ke dokter .

  7. Org yg pake baca petunjuknya, dah tahu resikonya, semua juga ada efeknya, efek ke dompet yg parah abis beli obat mahal, tapi yg paling fatal efek ada obat yg bisa bikin baekan tapi nga dimakan, klo nga ngerti sama nga paham jangan banyak berasumsi, apalagi modaL hoax dan google. Pake otak koar2 nya

  8. memang betul setelah minium jamu montalin sakit pegel linu badan suamiku langsung sembuh,tapi kalau 2 hari nggak minum kumat lagi…seolah suamiku seperti ketergantungan jamu itu…aku juga binggung mau nggak diminum badanya sakit semua tapi kalau diminum langsung enak tapi terus ketergantungan…apa ada obat atau jamu buat menyembuhkan sakit pinggang yang diderita suamiku ya…maklum sih pekerjaannya memang tukang angkat barang berat..

  9. Saya juga dikasih tahu teman, dan sempat minum, krn rasa penasaran sy coba cek ke web ternyata montalin bukan jamu, melainkan obat berbahan kimia. Anehnya montalin koq bisa dijual bebas diapotik,

  10. Alhamdulillah… barusan aq beli obat ini, dengan niat mau aq kasih ke ibu, tdi di tawarin sama penjual jamu tradisional katanya bagus, awalnya aq percya karena ada kode POM TR nya.. tapi aq iseng-iseng aja nyari di situs BPOM dan ternyata ga terdaftar.. untung aq iseng-iseng buka situs BPOM coba kalau ga.. wah dah aq kasih ke ibu itu obat…
    alhamdulillah… thanks jga infonya min… (aq bel.. cuma dengan harga 4000 rupiah)
    yang jadi pertanyaan, kenapa obat ini bisa bebas dijual…

  11. Di tempatku ada orang sakit sudah akut bahkan sudah tidak bisa bangun,divonis dokter gejala pengapuran tulang dan sudah berobat kemana-mana tidak berhasil,oleh tetangganya di saranin minum obat yaitu MONTALIN sekarang sembuh total,bahkan sudah bisa beraktivitas seperti biasa,tapi kenapa dengan MONTALIN banyak orang yang meributkannya,soal efeknya,tidak terdaftar diBPOM,dll.
    kalau toh semua itu tidak benar/salah,kenapa pemeritah tidak melarang,dan dinas yang terkait tidak bertindak.
    Kalau saya pribadi,kesimpulannya biarkanlah mereka merasakanya,dan kalaupun ada sesuatu yang terjadi dengan mereka karena MONTALIN,itu sudah takdir,karena dengan kepercayaan mereka minum obat MONTALIN mereka sembuh.
    Kesimpualannya(apakah dari semua komentar rekan-rekan sudah ada yang tau kalau minum obat MONTALIN ada yang mati?)dan jawaban saya:Semua rekan-rekan itu masih mengira-ngira yang dalam arti “PRADUGA TIDAK BERSALAH”

  12. Wah saya baru dikasih sama teman 1 bungkus 4 kapsul, kt nya manjur, kemarin sy minum 1x 2 kapsul. istri sy juga. hari ini sy cb googling, eee trnyata bener, konon berbahaya.
    sy juga pernah minum obat cina “Seven leaves ginseng”, manjur juga, 2-3 hari pegel linu hilang blas. tapi kalo gak minum kumat lagi. Sdh jln ber bulan bulan begitu, akhirnya sy hentikan. jadi sekarang masih sakit pinggang & sendi lutut. Apa obat nya ya? Minum susu anlene total, maupun Hilo yg ngandung Calsium, glukosamin dan condroitin ya terus. makanan larangan nya ya sdh sy hindari. pijat ke tk pijat syaraf kecepit sdh 10 x. Ya maklum sdh ber usia 67 th nan.
    Tolong ada komentar?

  13. mengerikan sih gak lah jadi kalau tuhan yang menyembuhkna masa kalian bilang juga mengerikan hadeh yg penting intinya sembuh aja deh>
    PESAN SAYA MONTALIN BOLEH DIKONSUMSI KALAU SAKITNYA SUDAH GAK TERTAHANKAN. DAN KALAU SAKITNYA DIKIT AJA GA USA KONSUMSI. ehm kalau mau bicara tentang kimia itu yg kita makan makanan skrg apa ga kimia smua ? justru kimia harus dibasmi dengan kimia bro bro n sis. di medan banyak dijual kog. dan saran saya wajib minum banyak air alhamdulilah ga da problem

  14. aku senyum2 sendiri baca komentarnya
    udah jelas banget dirinci disini bahaya tapi pada masih nanya mereka harus gimana
    ya ampun..ada kah manusia sebodoh itu yang ga bisa ambil tindakan?

  15. montalin masih banyak dijual…saya baru urut, oleh tukang pijetnya ditawarin ences/airliur walet dari malaysia katanya 5000 rp/kapsul….saya liat dikapsul tertulis montalin dan makan 2 kapsul pagi, 2 sore….,,,, thank infonya.

  16. Wah gimana donk,kebetulan gw punya toko kemarin ada sales yang nawarin ini barang(sebenarnya sich udah lama nawarinnya tapi ane takut itu berbahaya) kemarin itu salesnya maksa dan akhirnya gw coba ngambil,dan langsung laku… sampai sekarang banyak banget yang beli dan nanyain… ini gw udah habis beberapa Pak,terus gmn nich?… Padahal kemasannya bagus dan kayaknya terjamin ternyata berbahaya ya?…
    Adalagi satu produk yang laris manis namanya SULAMI(susut perut alami kapsul pelangsing gitu….) kemasannya juga bagus hasilnya juga instan kata pelanggan gw bobotnya langsung turun beberapa kilo hanya dalam seminggu,iseng-iseng saya googling ternyata Montalin benar2 berbahaya ya…. Untuk kapsul susut perut sulami belum gw googling,jadi susah dan bingung nich…apalagi banyak pedagang dan pelanggan gw yang marah2 saat gw gk jualan ini barang..Gw harus gimana?:…..!!!!!

    1. Tinggal pilih mau untung tapi membahayakan orang lain, atau nggak untung tapi menyelamatkan orang lain. Kalau Ega tanya ke aku harus gimana, aku aja nggak mau mamaku minum Montalin lagi dan sebar info ini di blog biar semua orang tau, masa kamu udah tau bahaya masih tega jual lagi?

  17. Jamu seperti ini kandungannya obat2 keras yang efek samping jangka panjangnya biasanya ke ginjal. jadi extra hati2 klo beli obat herbal yang sekali minum langsung tokcer. karena kita harus realistis, biasanya yg bahan alami membutuhkan waktu untuk dirasakan khasiatnya. Saya sudah 3 generasi jual obat2an (yang resmi terdaftar) jadi cukup tau soal obat2 seperti ini. hope it helps :)

  18. Gimana ya mbak.., aku salah satu org yg sangat bersyukur untuk obat ini.., kaki ku sembuh dan aku udah kasih ke oma, mama dan temen ku karna khasiatnya dan mereka semua merasakan efek yang bagus setelah minum Montalin ini…
    kita harus bagaimana ini..?? kog di toko2 obat bebas terjual ..??
    so.., ada obat pengganti gak yang efeknya kayak montalin ini..??
    ada saran…?? tolong ya.. temen2…

    1. Nah aku juga heran kenapa bisa banyak beredar. Toko dimana beredarnya? Aku di Jakarta cari di apotik dan toko obat tradisional susah banget dapetnya. Aku share ini stelah tau Montalin berbahaya karna nggak mau orang lain sampai konsumsi obat ini. Sekali minum aja kaki mamaku langsung enteng esok harinya, khan menyeramkan sehebat apa efek bahan berbahaya ini.

  19. Thank’s ya atas infony nya, mama aku juga sering konsumsi obat itu, cz efekny cpet bget n aku juga gak begitu curiga karna udah tertulis no. BPOM nya, gak tau’ny No. palsu
    pantes nyari’nya ga semudah obat-obatan lain

  20. Wah sis, papaku juga mengalami hal serupa. Awalnya aku juga curiga sama obat itu. Aku bilang supaya hati2 karena segel nggak jamin barang tersebut asli. Tapi obat itu disaranin anak tante aku, dia bilag beli di apotik. So, aku pikir nggak mungkin apotik jual obat tanpa ijin. Tapi emang efeknya juga begitu ke papa aku. Amit dah. Thanks infonya ya!

  21. saya sempat share blog ini di grup fb tapi malah dapat cacian dari penjual yang menawarkan montalin. mereka begitu marah dan mengatakan kalau saya menutup rezeki mereka.

Apa komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s