Kapsul jamu Montalin perlu diwaspadai

montalin 01Awalnya aku tau kapsul jamu ini dari tanteku yang dari Medan, lagi main ke Jakarta.
“Kapsul ini bagus banget lho, baru minum sekali aja udah berasa efeknya”, kata tante sambil kasih sebungkus kecil warna hijau. Kebetulan kaki mama sering sakit dan nyeri, ya maklum lah udah berumur, apalagi sering minum yang dingin padahal seharusnya nggak boleh.

Besoknya, mama cerita dengan muka yang penuh bahagia, “Kaki mama udah nggak sakit lagi lho, enteng banget rasanya, mama udah lagi suruh supir beli ke apotik tuh”.

Wah ternyata ramuan herbal bagus juga ya khasiatnya, pikirku.

Nggak lama kemudian, supirku kembali dengan tangan kosong. Katanya udah keliling hampir semua apotik terdekat, nggak ada yang jual. Aku dan mama heran, masa obat sebagus itu nggak dijual di apotik sih?

“Yaudah nanti kita coba cari di toko obat tradisional”, kata mama.

Sewaktu pergi, kami mampir dulu ke toko obat tradisional. Supir yang turun untuk beli.
Baru juga masuk sebentar, supirku keluar lagi dan masuk ke mobil, “Nggak jual juga”, katanya.

Aku gemas juga, masa sebagus ini nggak ada satupun yang jual sih?

montalin 02

Akhirnya aku coba perhatikan kemasannya.

Aku berinisiatif googling tentang PJ. Air Madu. Siapa tau ada websitenya atau ada distributor maupun agennya, khan praktis kalau bisa beli secara online.

Nggak disangka, hasil yang muncul malah menyatakan kalau kapsul jamu Montalin ini berbahaya dan mengandung bahan kimia.
montalin 03

Kalau cari nomor BPOMnya di Google, BPOM udah nyatakan sejak 2010 kalau Montalin ini berbahaya.
montalin 04

Kalau cari nomor BPOMnya di website resmi BPOM, nggak ada hasil sama sekali karna memang nomor itu palsu.
montalin 05
Mungkin kita sangat percaya kalau suatu produk cantum nomor BPOM di kemasannya. Tapi siapa yang tau ternyata yang dicantum adalah nomor BPOM palsu?

Nggak semua orang niat banget mengecek semua nomor BPOM yang tercantum di setiap produk yang digunakan atau dikonsumsi.

Sejak aku tau Montalin berbahaya, aku minta mama untuk berhenti minum. Setelah mama berhenti minum, sakit kakinya kambuh lagi.

Wah nggak beres ini obat, efeknya langsung enteng terasa waktu pertama kali minum, ternyata mengandung bahan kimia.

Kalau sayang sama orang terdekatmu, sebarkan tentang Montalin ini :)

37 thoughts on “Kapsul jamu Montalin perlu diwaspadai

  1. slwi February 3, 2015 / 11:55 pm

    Konon cerita suplier kakinya, sejak ada obat semacam montalin, omset jamu branded (spt jamu jago, iboe, dll) merosot tajam . montalin sudah ada sejak 15 tahun yang lalu. Disinyalir ada komplain dari jamu branded terhadap kompetitornya itu. Kalau memang montalin beracun tentu saya yg mengkonsumsi sejak 10 tahun yg lalu sudah mati duluan. Buktinya saya masih hidup sampai saat ini dan tidak pernah ada keluhan berarti. Katanya jamu itu mengandung parasetamol yg berlebihan, coba anda minum 3 tablet parasetamol yang volume tabletnya seukuran dengan kapsul montalin , efeknya paling kuping agak kopok alias budek. jadi kalau minum montalin tidak berlebihan sesuai anjuran nggak akan ada efek samping berarti sama dengan obat kimia lain yg pasti ada efek samping kalau diminum tidak sesuai aturan. Saya kira nggak ada penelitian yg menyatakan montalin berefek membunuh orang. yang ada alasan mereka setelah diteliti mengandung parasetamol, analgesik, inflamasi, dll yang tidak ada takarannya dan berlebihan. Dibilang berlebihan darimana wong volume kapsulnya ys segitu. Buktinya dg montalin orang kena asam urat hingga lumpuh diminumi montalin jadi langsung bisa lari. Orang ejakulasi dini, minum montalin sebelum berhubungan jadi perkasa. Bukti lagi pada diri saya sudah mengkonsumsi montalin saat sakit, sakitnya sembuh dan masih hidup sampai sekarang dari sejak 10 tahun lalu konsumsi montalin.

    • F Vian (MySuperLounge) February 4, 2015 / 4:48 am

      Pertanyaanku, kenapa nomor bpom di kemasannya itu palsu? Oh ya, di negara lain juga larang Montalin ini, bisa kasih penjelasan?

      Aku heran kenapa ya banyak orang yang bilang apa2 “belum mati kok”. Oh orang baru sadar kalau udah kejadian ya?

    • udin May 28, 2015 / 6:13 pm

      Obat anti nyeri seperti paracetamol & natrium diklofenak tidak serta merta membunuh org saat pertama minum. Efeknya ‘pasti’ akan terasa saat dikonsumsi dalam jangka panjang. Hampir semua antibiotik mengikat kalsium dan dibuang melalui ginjal. Khusus untuk wanita berusia di atas 30 thn akan mempercepat proses osteoporosis. Tablet natrium diklofenak 50mg (dosis tertinggi) kecil, hanya sebesar ujung jari kelingking, dlm 1 kapsul montalin, bisa muat sekitar 3 tablet, ditambah 1/2 tablet paracetamol 500mg. Itu berarti, dlm 1 kapsul montalin terkandung natrium diklofenak 150mg, dan paracetamol 250mg. Kenapa paracetamolnya cman 250mg, karena efek anti nyerinya lemah, dikasih 500mg juga percuma. Paracetamol hanya untuk menambah kekuatan anti nyeri dari nat diklo. Aturan minum montalin, 2 kapsul sekali minum dan 3 kali sehari. Berarti dalam sehari anda meminum nat diklo sebanyak 900mg !!! Satu strip nat diklo 50mg hanya ada 10 tab (500mg), dan itupun menurut aturan minumnya hanya boleh 1 tab sekali minum 3 x sehari. Dan tidak dianjurkan diminum lebih dari 1 strip kalau hanya untuk rematik. Karena akan memperparah osteoporosis, bahkan sampai lumpuh!

  2. rini October 3, 2014 / 4:09 pm

    brmanfaat infona.. tapi ini ada yg mau dtanyain mana tau ada yg tau. gini mama saya kan kna asam urat, jadi beliau minum pil 3 warna (ijau, merah dan satu lagi lupa) yg merah ukuranna kecil.. itu dibelinya disetiap apotik ada.tapi jualna eceran gak bsa liat apa nama obatna dan kandunganna. yg anehna kok obat itu disemutin pdahal obat saya dan obat mama saya diletak berseblahan tapi hanya obat 3 warna itu y disemutin. saya takut obatnya berbahaya dan saya mau tau kandungan apa saja yg ada diobat itu.. mohon infonya donk bagi yg tau.. trima kasih :)

    • F Vian (MySuperLounge.com) October 3, 2014 / 4:14 pm

      Asal mula bisa beli obat itu gimana ceritanya? Kok bisa beli obat yang nggak ada merknya? Harusnya obat yang bisa dibeli perbutir pun ada merknya.

      Obat nggak ada merk biasanya kapsul racikan yang biasanya sesuai resep dokter.

      Ini sesuai pengalamanku udah 6th lebih nemenin papa mama ke dokter dan perhatiin obat2annya.

    • udin May 28, 2015 / 6:33 pm

      Untuk kasus asam urat, tidak bisa pantang makan. Karena semua makanan, baik itu tumbuhan, hewan udara, darat, laut, dan hewan air tawar, semuanya mengandung asam urat (purin). Hanya beberapa makanan yg tdk trlalu berguna untuk tubuh yg hrs dipantang, seperti tape-tapean, melinjo, jeroan, kambing, durian, cempedak, alkohol, jengkol, dan makanan berlemak/berminyak. Untuk pengobatannya, cek rutin sebulan sekali, kalau kadar purinnya melebihi batas komplikasi, 6 (wanita) dan 7,2(pria), minum obat ALLOPURINOL 300mg, 2 x sehari sesudah makan. Sebenarnya untuk beberapa orang, biarpun kadar purin tdk lebih dari batas komplikasinya, mulai terasa ngilu, minum saja obatnya sampai ngilunya hilang, baru stop obatnya. Begitu terus selamanya, terasa ngilu baru minum obat, kalau tidak jangan minum obat. Karena asam urat yg terus naik hanya bisa dikontrol dengan obat, tdk bisa diobati. Kadar purin bisa terus naik karena berhubungan dengan kerja ginjal. Karena hanya ginjal lah yg membuang kadar purin berlebih di dalam tubuh. Untuk obatnya, tidak perlu kuatir, karena allopurinol bukanlah antibiotik. Selama minumnya sesuai dosis, dan sesuai kebutuhan aja, maka tidak akan merusak organ dalam tubuh kita. Justru dgn mengontrol kadar asam urat tetap di bawah batas komplikasi, bisa mencegah terbentuknya batu ginjal. Obat asam urat tidak perlu racikan (beberapa jenis obat sekali minum), cukup allopurinol 300ml. Allopurinol adalah obat penurun kadar purin terbaik yg ada saat ini. Kalau ada dokter yg meresepkan obat racikan untuk asam urat, itu hanyalah allopurinol + anti nyeri. Kalau 3 macam obat, berarti, allopurinol + anti nyeri + anti nyeri. Anda berhak menolak obat pemberian dokter.

  3. devi February 27, 2014 / 8:13 am

    makasih infonya.. hrs larang ibuku minum montalin nih, sebetulnya krn reaksinya cepat.. bikin aku khawatir tp jg penasaran sampai googling knpa majur banget ini jamu, ternyata ada bahan kimia dan tidak ada izin bpom.

  4. anang January 21, 2014 / 1:48 am

    Ini q buka di promosi jamu.kebetulan orang tua’Q minum muntalin karena kena lumpuuh. Setelah saya cari2 info’nya ini yg saya dapat :
    MONTALIN – Merupakan Kapsul yang terbuat dari daun antanan yang berkhasiat tinggi untuk menyembuhkan segala macam penyakit.

    Komposisi :

    – centella asiatica   35%

    – glaziosa superbal 20%

    – minosa pudical 10%

    – phyllantnus urinalialin 10%

    – sonchus arvesisi 10%

    – dan lain lain sampai (BAHAN KIMIA OBAT) 10% 

    Berkhasiat :

    1. Asam Urat, 2. Stress, 3. Rheumatik Menahun, 4. Kaki Bengkak, 5. Otot Terasa Kaku, 6. Menurunkan Kolesterol, 7. Menghancurkan Bekuan Darah, 8. Demam, 9. Bronhitis, 10. Meriang, 11. Menstabilkan Hormon, 12. Menjaga stamina sehingga membuat orang panjang umur

    ATURAN PAKAI : 
    menjaga kesehatan 1 kali dalam tiga hari 1kapsul

    pecegahan penyakit 2 kali sehari 1kapsul

    pengobatan penyakit 2 kali sehari 2kapsul 

    KEMASAN :   1 Box isi 12 sachet @ 4 kapsul

    PRODUKSI : PJ AIR MADU MAGELANG – INDONESIA

    PERHATIAN!! hindari makanan yang berupa kacang-kacangan, jeroan, labu siam serta kurangan minum kopi dan rokok.supaya penyakit yang anda derita cepat sembuh

    jamu ini tidak memiliki nomor, Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM), karena mengandung unsur bahan kimia obat, ( deksametason, fenilbutason, dan parasetamol,) sekitar 20%…… tapi sangat berkhasiat bagi penyakit yang anda derita sehingga akan cepat sembuh..  maka dari itu harus diperhatikan aturan pakai !!!!! 

    1. Pengobatan kronis,  minum 2x sehari (2kapsul)

    1. Pengobatan kronis,  minum 2 kali sehari (2 kapsul)

    2. Pengobatan ringan, minum 3 kali sehari (1 kapsul)

    3. Pencegahan : minum 1 kali sehari (1 kapsul, Konsumsi rutin setiap hari sampai 1box (48 kapsul),

    4. Menjaga kesehatan, minum 1 kali dalam 3 hari (1 kapsul)

    5. Dilarang minum jamu ini, bagi penderita ginjal dan gangguan hati

    6. Apabila terjadi gejala alergi seperti : sesah napas, gatal gatal, dan pusing, setelah minum kapsul ini, harap di hentikan, karena jamu ini tidak cocok,kemungkinan elergi obat, walau berkhasiat terhadap penyakit yang anda derita.

    7. Apabila sudah minum lebih dari 1box , tapi tidak juga ada perubahan terhadap penyakit yang anda derita,  harap minum jamu ini dihentikan….!!!

    8. Tidak boleh mengkonsumsi jamu ini, dalam jumlah yang besar/ berlebihan, maximal 20 kotak, bagi yang kronis. dan maximal 10 kotak bagi pencegahan. Kalau berlebihan nanti akan mengakibatkan gagal ginjal dan gangguan hati

    9. Jangan meminum jamu kapsul palsu/tiruan dan kosultasi dengan pihak yang menjual

    Keterangan efek BKO yang dikandung antara lain :

    1. Deksametason dapat menyebabkan moon face, retensi cairan dan elektrolit, hiperglikemia, glaukoma (tekanan dalam bola mata meningkat), gangguan pertumbuhan, osteoporosis, daya tahan terhadap infeksi menurun, miopati (kelemahan otot), lambung, gangguan hormon dan lain-lain.

    2. Fenilbutason dapat menyebabkan mual, muntah, ruam kulit, retensi cairan dan elektrolit (edema), pendarahan lambung, nyeri lambung, dengan pendarahan atau perforasi, reaksi hipersensitivitas, hepatitis, nefritis, gagal ginjal, leukopenia, anemia aplastik, agranulositosis dan lain-lain.

    3. Parasetamol dalam penggunaan yang lama dapat menyebabkan gangguan / kerusakan ginjal & hati.

  5. rahmat December 19, 2013 / 8:12 pm

    untung saya dapat artikel ini, tetangga saya tawarkan obat ini tapi saya bilang pikir2 dulu, wah saya nggak mau beli deh, dari pada ibu saya kenapa2, lebih baik mencegah.

  6. icha July 24, 2013 / 12:37 pm

    mama sy jg rajin pake obat montalin, jika berhenti, ada alternatif obat lain gak pak? mohon infonya ya, makasih

Apa komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s