Kapsul jamu Montalin perlu diwaspadai

montalin 01Awalnya aku tau kapsul jamu ini dari tanteku yang dari Medan, lagi main ke Jakarta.
“Kapsul ini bagus banget lho, baru minum sekali aja udah berasa efeknya”, kata tante sambil kasih sebungkus kecil warna hijau. Kebetulan kaki mama sering sakit dan nyeri, ya maklum lah udah berumur, apalagi sering minum yang dingin padahal seharusnya nggak boleh.

Besoknya, mama cerita dengan muka yang penuh bahagia, “Kaki mama udah nggak sakit lagi lho, enteng banget rasanya, mama udah lagi suruh supir beli ke apotik tuh”.

Wah ternyata ramuan herbal bagus juga ya khasiatnya, pikirku.

Nggak lama kemudian, supirku kembali dengan tangan kosong. Katanya udah keliling hampir semua apotik terdekat, nggak ada yang jual. Aku dan mama heran, masa obat sebagus itu nggak dijual di apotik sih?

“Yaudah nanti kita coba cari di toko obat tradisional”, kata mama.

Sewaktu pergi, kami mampir dulu ke toko obat tradisional. Supir yang turun untuk beli.
Baru juga masuk sebentar, supirku keluar lagi dan masuk ke mobil, “Nggak jual juga”, katanya.

Aku gemas juga, masa sebagus ini nggak ada satupun yang jual sih?

montalin 02

Akhirnya aku coba perhatikan kemasannya.

Aku berinisiatif googling tentang PJ. Air Madu. Siapa tau ada websitenya atau ada distributor maupun agennya, khan praktis kalau bisa beli secara online.

Nggak disangka, hasil yang muncul malah menyatakan kalau kapsul jamu Montalin ini berbahaya dan mengandung bahan kimia.
montalin 03

Kalau cari nomor BPOMnya di Google, BPOM udah nyatakan sejak 2010 kalau Montalin ini berbahaya.
montalin 04

Kalau cari nomor BPOMnya di website resmi BPOM, nggak ada hasil sama sekali karna memang nomor itu palsu.
montalin 05
Mungkin kita sangat percaya kalau suatu produk cantum nomor BPOM di kemasannya. Tapi siapa yang tau ternyata yang dicantum adalah nomor BPOM palsu?

Nggak semua orang niat banget mengecek semua nomor BPOM yang tercantum di setiap produk yang digunakan atau dikonsumsi.

Sejak aku tau Montalin berbahaya, aku minta mama untuk berhenti minum. Setelah mama berhenti minum, sakit kakinya kambuh lagi.

Wah nggak beres ini obat, efeknya langsung enteng terasa waktu pertama kali minum, ternyata mengandung bahan kimia.

Kalau sayang sama orang terdekatmu, sebarkan tentang Montalin ini :)

35 thoughts on “Kapsul jamu Montalin perlu diwaspadai

  1. slwi February 3, 2015 / 11:55 pm

    Konon cerita suplier kakinya, sejak ada obat semacam montalin, omset jamu branded (spt jamu jago, iboe, dll) merosot tajam . montalin sudah ada sejak 15 tahun yang lalu. Disinyalir ada komplain dari jamu branded terhadap kompetitornya itu. Kalau memang montalin beracun tentu saya yg mengkonsumsi sejak 10 tahun yg lalu sudah mati duluan. Buktinya saya masih hidup sampai saat ini dan tidak pernah ada keluhan berarti. Katanya jamu itu mengandung parasetamol yg berlebihan, coba anda minum 3 tablet parasetamol yang volume tabletnya seukuran dengan kapsul montalin , efeknya paling kuping agak kopok alias budek. jadi kalau minum montalin tidak berlebihan sesuai anjuran nggak akan ada efek samping berarti sama dengan obat kimia lain yg pasti ada efek samping kalau diminum tidak sesuai aturan. Saya kira nggak ada penelitian yg menyatakan montalin berefek membunuh orang. yang ada alasan mereka setelah diteliti mengandung parasetamol, analgesik, inflamasi, dll yang tidak ada takarannya dan berlebihan. Dibilang berlebihan darimana wong volume kapsulnya ys segitu. Buktinya dg montalin orang kena asam urat hingga lumpuh diminumi montalin jadi langsung bisa lari. Orang ejakulasi dini, minum montalin sebelum berhubungan jadi perkasa. Bukti lagi pada diri saya sudah mengkonsumsi montalin saat sakit, sakitnya sembuh dan masih hidup sampai sekarang dari sejak 10 tahun lalu konsumsi montalin.

    • F Vian (MySuperLounge) February 4, 2015 / 4:48 am

      Pertanyaanku, kenapa nomor bpom di kemasannya itu palsu? Oh ya, di negara lain juga larang Montalin ini, bisa kasih penjelasan?

      Aku heran kenapa ya banyak orang yang bilang apa2 “belum mati kok”. Oh orang baru sadar kalau udah kejadian ya?

Apa komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s