montalin

Kapsul jamu Montalin perlu diwaspadai

Awalnya aku tau kapsul jamu ini dari tanteku yang dari Medan, lagi main ke Jakarta.
“Kapsul ini bagus banget lho, baru minum sekali aja udah berasa efeknya”, kata tante sambil kasih sebungkus kecil warna hijau. Kebetulan kaki mama sering sakit dan nyeri, ya maklum lah udah berumur, apalagi sering minum yang dingin padahal seharusnya nggak boleh.

Besoknya, mama cerita dengan muka yang penuh bahagia, “Kaki mama udah nggak sakit lagi lho, enteng banget rasanya, mama udah lagi suruh supir beli ke apotik tuh”.
Pikirku, wah ternyata ramuan herbal bagus juga ya khasiatnya.

Nggak lama kemudian, supirku kembali dengan tangan kosong. Katanya udah keliling hampir semua apotik terdekat, nggak ada yang jual. Aku dan mama heran, masa obat sebagus itu nggak dijual di apotik sih?

“Yaudah nanti waktu kita mau pergi, sekalian mampir dulu di toko obat tradisional”, kata mama.

Sewaktu pergi, kami mampir dulu ke toko obat tradisional. Supir yang turun untuk beli.
Baru juga masuk sebentar, supirku keluar lagi dan masuk ke mobil, “Nggak jual juga”, katanya.

Aku akhirnya gemas juga, “Yaudah sini coba liat kemasannya, masa sebagus ini nggak ada satupun yang jual sih”, kataku.

Ini dia, kapsul jamu Montalin yang gunanya untuk pegal linu dan nyeri otot.
null

null
Produksi PJ. Air Madu

Aku berinisiatif googling tentang PJ. Air Madu. Siapa tau ada websitenya atau ada distributor maupun agennya, khan praktis kalau bisa beli secara online.

Nggak disangka, hasil yang muncul malah menyatakan kalau kapsul jamu Montalin ini berbahaya dan mengandung bahan kimia.
null

Kalau cari nomor BPOMnya di Google, BPOM udah nyatakan sejak 2010 kalau Montalin ini berbahaya.
null

Kalau cari nomor BPOMnya di website resmi BPOM, nggak ada hasil sama sekali karna memang nomor itu palsu.
null
Mungkin kita sangat percaya kalau suatu produk cantum nomor BPOM di kemasannya. Tapi siapa yang tau ternyata yang dicantum adalah nomor BPOM palsu? Nggak semua orang niat banget mengecek semua nomor BPOM yang tercantum di setiap produk yang digunakan atau dikonsumsi.

Sejak aku tau Montalin berbahaya, aku minta mama untuk berhenti minum. Setelah mama berhenti minum, sakit kakinya kambuh lagi. Wah nggak beres ini obat, efeknya langsung enteng terasa waktu pertama kali minum, ternyata mengandung bahan kimia.

Aku harap sebarkan info ini ke semua orang yang kita kenal. Jangan sampai membahayakan mereka!

Follow

=== F Vian ===

Entrepreneur, Food Quality Control Manager, Reviewer, Blogger

Perempuan yang lahir tahun 1990.
Tukang kritik, punya rasa penasaran tingkat tinggi.
Follow

31 thoughts on “Kapsul jamu Montalin perlu diwaspadai”

  1. makasih infonya.. hrs larang ibuku minum montalin nih, sebetulnya krn reaksinya cepat.. bikin aku khawatir tp jg penasaran sampai googling knpa majur banget ini jamu, ternyata ada bahan kimia dan tidak ada izin bpom.

  2. Ini q buka di promosi jamu.kebetulan orang tua’Q minum muntalin karena kena lumpuuh. Setelah saya cari2 info’nya ini yg saya dapat :
    MONTALIN – Merupakan Kapsul yang terbuat dari daun antanan yang berkhasiat tinggi untuk menyembuhkan segala macam penyakit.

    Komposisi :

    - centella asiatica   35%

    - glaziosa superbal 20%

    - minosa pudical 10%

    - phyllantnus urinalialin 10%

    - sonchus arvesisi 10%

    - dan lain lain sampai (BAHAN KIMIA OBAT) 10% 

    Berkhasiat :

    1. Asam Urat, 2. Stress, 3. Rheumatik Menahun, 4. Kaki Bengkak, 5. Otot Terasa Kaku, 6. Menurunkan Kolesterol, 7. Menghancurkan Bekuan Darah, 8. Demam, 9. Bronhitis, 10. Meriang, 11. Menstabilkan Hormon, 12. Menjaga stamina sehingga membuat orang panjang umur

    ATURAN PAKAI : 
    menjaga kesehatan 1 kali dalam tiga hari 1kapsul

    pecegahan penyakit 2 kali sehari 1kapsul

    pengobatan penyakit 2 kali sehari 2kapsul 

    KEMASAN :   1 Box isi 12 sachet @ 4 kapsul

    PRODUKSI : PJ AIR MADU MAGELANG - INDONESIA

    PERHATIAN!! hindari makanan yang berupa kacang-kacangan, jeroan, labu siam serta kurangan minum kopi dan rokok.supaya penyakit yang anda derita cepat sembuh

    jamu ini tidak memiliki nomor, Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM), karena mengandung unsur bahan kimia obat, ( deksametason, fenilbutason, dan parasetamol,) sekitar 20%…… tapi sangat berkhasiat bagi penyakit yang anda derita sehingga akan cepat sembuh..  maka dari itu harus diperhatikan aturan pakai !!!!! 

    1. Pengobatan kronis,  minum 2x sehari (2kapsul)

    1. Pengobatan kronis,  minum 2 kali sehari (2 kapsul)

    2. Pengobatan ringan, minum 3 kali sehari (1 kapsul)

    3. Pencegahan : minum 1 kali sehari (1 kapsul, Konsumsi rutin setiap hari sampai 1box (48 kapsul),

    4. Menjaga kesehatan, minum 1 kali dalam 3 hari (1 kapsul)

    5. Dilarang minum jamu ini, bagi penderita ginjal dan gangguan hati

    6. Apabila terjadi gejala alergi seperti : sesah napas, gatal gatal, dan pusing, setelah minum kapsul ini, harap di hentikan, karena jamu ini tidak cocok,kemungkinan elergi obat, walau berkhasiat terhadap penyakit yang anda derita.

    7. Apabila sudah minum lebih dari 1box , tapi tidak juga ada perubahan terhadap penyakit yang anda derita,  harap minum jamu ini dihentikan….!!!

    8. Tidak boleh mengkonsumsi jamu ini, dalam jumlah yang besar/ berlebihan, maximal 20 kotak, bagi yang kronis. dan maximal 10 kotak bagi pencegahan. Kalau berlebihan nanti akan mengakibatkan gagal ginjal dan gangguan hati

    9. Jangan meminum jamu kapsul palsu/tiruan dan kosultasi dengan pihak yang menjual

    Keterangan efek BKO yang dikandung antara lain :

    1. Deksametason dapat menyebabkan moon face, retensi cairan dan elektrolit, hiperglikemia, glaukoma (tekanan dalam bola mata meningkat), gangguan pertumbuhan, osteoporosis, daya tahan terhadap infeksi menurun, miopati (kelemahan otot), lambung, gangguan hormon dan lain-lain.

    2. Fenilbutason dapat menyebabkan mual, muntah, ruam kulit, retensi cairan dan elektrolit (edema), pendarahan lambung, nyeri lambung, dengan pendarahan atau perforasi, reaksi hipersensitivitas, hepatitis, nefritis, gagal ginjal, leukopenia, anemia aplastik, agranulositosis dan lain-lain.

    3. Parasetamol dalam penggunaan yang lama dapat menyebabkan gangguan / kerusakan ginjal & hati.

  3. untung saya dapat artikel ini, tetangga saya tawarkan obat ini tapi saya bilang pikir2 dulu, wah saya nggak mau beli deh, dari pada ibu saya kenapa2, lebih baik mencegah.

  4. mama sy jg rajin pake obat montalin, jika berhenti, ada alternatif obat lain gak pak? mohon infonya ya, makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>