Ayam Kremes Kraton yang terkenal kremesnya

akk 01
Kali ini aku nyoba makan Ayam Kremes Kraton (AKK) bersama keluargaku.

Banyak orang yang bilang kalau AKK ini rasanya enak dan murah. Yang terkenal disini adalah kremesannya.

Yang aku kunjungi ini Ayam Kremes Kraton cabang Sunter, Jakarta Utara.


18:52
Sewaktu aku datang sih masih sepi, kami yang pertama mengisi ruangan.

Dari harga makanan dan minumannya cukup murah.

akk 02

akk 03

Disini juga menawarkan paket hemat.
akk 04

18:56
Setelah liat menu, kami masing-masing menetapkan pilihan. Akhirnya aku pun memanggil waiter dan memesan makanan.

Yang aku kurang suka, waiternya kurang menguasai menu (waiter A). Waktu aku menyebutkan menu yang aku pesan, dia malah bengong. Aku ambil menu dan tunjuk langsung, itupun masih bengong sekitar beberapa detik dan menjawab dengan kata-kata yang nggak bisa aku tangkap maksudnya, persis kumur-kumur.

Akhirnya waiter lain datang dan membantu untuk memastikan pesanan. Pikirku, mungkin temannya ini datang karna liat sepertinya ada masalah. Setelah ada bantuan dari waiter lain itu (waiter B), proses pemesanan makanan kami pun lancar.

Kami memesan 3 es jeruk, 1 tumis kangkung, 1 ekor ayam goreng kremes kraton, 1 paket ikan gurame, 1 sayur asam kecil, 2 nasi uduk.

19:14
Kami mengobrol sambil menunggu pesanan, tanpa terasa ternyata orang-orang pun mulai berdatangan dan hampir memenuhi ruangan, dan disaat itu pun aku baru sadar, minuman belum datang juga. Dari 18:56 sampai 19:14 satu gelas minuman pun nggak diantarkan, padahal dari tadi kami yang pertama datang. Apa mungkin proses pembuatan es jeruk itu sangat fresh sampai harus petik dulu dari kebun dan jeruknya sedang dalam perjalanan menuju AKK?

Nggak lama kemudian, datanglah waiter A membawa makanan. Yang dia bawa, 1 piring berisi nasi dengan sepotong ayam goreng dan 1 piring berisi nasi uduk.

“Yang saya pesan bukan ini, tadi saya pesannya 1 ekor ayam goreng kremes kraton”, kataku pada waiter A.

Si waiter A ini malah keliatan kebingungan dan menjawab, “tadi pesannya khan ayam goreng kremes kraton”.

Aku menghela nafas, “Iya, tapi saya pesannya 1 ekor. Bukan paket”, kataku sambil menunjuk gambar 1 ekor ayam goreng.

Waiter A ini makin keliatan bingung, aku pun menjelaskan berulang-ulang secara detail dan nggak ngerti juga. Ntah apa yang ada didalam pikiran waiter A ini, kangen pacarnya kah?

Akhirnya waiter B pun datang lagi dan membantu, padahal keadaan AKK udah ramai dan para waiter lagi sibuk melayani pelanggan yang lain.

Akhirnya masalah pun selesai. Pesanan yang salah tadi dibawa pergi, dan sekarang hanya sepiring nasi uduk di mejaku.

Nggak lama kemudian, menu yang dipesan pun datang satu per satu, kecuali 1 ekor ayam goreng kremes dan es jeruk.

Sambil menunggu, aku mengambil foto.

Ini dia nasi uduknya. Aku kurang suka, karna nasinya terlalu lembek dan lengket, jadi rasa nasinya jadi hambar.

akk 05

Rasa tumis kangkungnya, hmm, ya standard lah. Masih bisa dimakan.

akk 06

Paket ikan gurame dan sebelah kiri ada sayur asam kecil. Ikan guramenya lumayan lah. Kalau sayur asamnya, bagiku sih terlalu manis rasanya. Nggak tau kalau pendapat orang lain.

akk 07

19.27
Ayam goreng kremes dan es jeruk datang juga setelah ditunggu dari tadi setelah ku komplain.
akk 08

Bagiku, rasa ayam gorengnya nggak ada yang spesial. Standard banget, kalau dimakan tanpa sambal sih rasanya biasa banget. Kremesnya renyah, tapi nggak berasa. Tapi aku akui, kremesannya cantik.

19:52
Selesai makan! Nggak ada rasa puas makan disini. Nilai plusnya disini harganya murah.

Bagi yang sangat amat memilih-milih kualitas makanan, aku nggak rekomen makan disini.
akk 09

Dibelakang struk, ada daftar menu yang dipesan. Ini bukti kesalahan waiter A tadi.
akk 10

Aku nggak akan ke AKK lagi lain kali. Ini semua berdasarkan penilaian pribadiku, selera orang beda-beda.

2 thoughts on “Ayam Kremes Kraton yang terkenal kremesnya

  1. tomi April 14, 2014 / 8:20 pm

    ngak ada enak2nya ayam goreng kraton begitu juga tulang lunak hayan wuruk . jauh banget cita rasanya dengan yg pernah saya makan di jogja warung biasa di daerah meguwoharjo tajem namsnya waroeng UGL ayamnya uenak bener kremrsnya juga sama seperti suharti. ngak keras kaya peyek kremes kraton… saya rekomendasi buat pecinta ayam kremes cobain deh disana

  2. Femi February 4, 2013 / 9:16 pm

    dia sih terkenal murahnya
    ga enak garing2nya
    sambelnya biasa aja

Apa komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s