Kapsul jamu Montalin perlu diwaspadai

montalin 01Awalnya aku tau kapsul jamu ini dari tanteku yang dari Medan, lagi main ke Jakarta.
“Kapsul ini bagus banget lho, baru minum sekali aja udah berasa efeknya”, kata tante sambil kasih sebungkus kecil warna hijau. Kebetulan kaki mama sering sakit dan nyeri, ya maklum lah udah berumur, apalagi sering minum yang dingin padahal seharusnya nggak boleh.

Besoknya, mama cerita dengan muka yang penuh bahagia, “Kaki mama udah nggak sakit lagi lho, enteng banget rasanya, mama udah lagi suruh supir beli ke apotik tuh”.

Wah ternyata ramuan herbal bagus juga ya khasiatnya, pikirku.

Nggak lama kemudian, supirku kembali dengan tangan kosong. Katanya udah keliling hampir semua apotik terdekat, nggak ada yang jual. Aku dan mama heran, masa obat sebagus itu nggak dijual di apotik sih?

“Yaudah nanti kita coba cari di toko obat tradisional”, kata mama.

Sewaktu pergi, kami mampir dulu ke toko obat tradisional. Supir yang turun untuk beli.
Baru juga masuk sebentar, supirku keluar lagi dan masuk ke mobil, “Nggak jual juga”, katanya.

Aku gemas juga, masa sebagus ini nggak ada satupun yang jual sih?

montalin 02

Akhirnya aku coba perhatikan kemasannya.

Aku berinisiatif googling tentang PJ. Air Madu. Siapa tau ada websitenya atau ada distributor maupun agennya, khan praktis kalau bisa beli secara online.

Nggak disangka, hasil yang muncul malah menyatakan kalau kapsul jamu Montalin ini berbahaya dan mengandung bahan kimia.
montalin 03

Kalau cari nomor BPOMnya di Google, BPOM udah nyatakan sejak 2010 kalau Montalin ini berbahaya.
montalin 04

Kalau cari nomor BPOMnya di website resmi BPOM, nggak ada hasil sama sekali karna memang nomor itu palsu.
montalin 05
Mungkin kita sangat percaya kalau suatu produk cantum nomor BPOM di kemasannya. Tapi siapa yang tau ternyata yang dicantum adalah nomor BPOM palsu?

Nggak semua orang niat banget mengecek semua nomor BPOM yang tercantum di setiap produk yang digunakan atau dikonsumsi.

Wah nggak beres ini obat, efeknya langsung enteng terasa waktu pertama kali minum. Sejak aku tau Montalin berbahaya, aku minta mama untuk berhenti minum. Setelah mama berhenti minum, sakit kakinya kambuh lagi.

_______________________________________________

Tulisanku ini dibuat tanggal 06-07-2012, sementara beberapa tahun kemudian masih muncul berita peringatan Montalin di luar negeri.

_______________________________________________

Berita dari Departemen Kesehatan Singapore 24 Juni 2013
Departemen Kesehatan Singapore memperingatkan masyarakat untuk segera berhenti minum Montalin.

*** Menurut laporan seorang dokter, 2 pasiennya malah mengalami efek samping setelah beli Montalin dari penjual jamu tradisional.

*** Pasien wanita umur 70an yang udah minum Montalin 2 minggu, masuk rumah sakit karna muka dan tubuh bagian bawah membengkak, katanya dia minum Montalin yang dibeli saudaranya dari luar negeri.

*** Ada lagi pasien wanita umur 60an yang udah minum Montalin yang dikasih temannya selama 6 bulan, tiba-tiba berat badan bertambah dan gula darah juga naik.

*klik foto untuk liat ukuran besar*

montalin hsa.gov.sg

*klik foto untuk liat ukuran besar*

_______________________________________________

Berita dari Departemen Kesehatan Hong Kong 25 Juni 2013
Hong Kong pun ikut memperingatkan masyarakatnya berdasarkan berita Departemen Kesehatan Singapore.

*klik foto untuk liat ukuran besar*

montalin drugoffice.gov.hk

*klik foto untuk liat ukuran besar*

_______________________________________________

Berita dari Departemen Kesehatan Canada 7 Februari 2014
Canada pun ikut memperingatkan masyarakatnya karna Montalin dijual oleh turis yang bawa ke Canada atau beli melalui online.
montalin healthycanadians.gc.ca

*klik foto untuk liat ukuran besar*

_______________________________________________

Berita dari BPOM 12 November 2014
BPOM masih juga peringatkan masyarakat tentang Montalin ini karna nomor BPOMnya palsu.
montalin bpom

*klik foto untuk liat ukuran besar*

_______________________________________________

Kesimpulan
Departemen Kesehatan Indonesia dan negara lain bilang kalau Montalin ini bahaya kalau diminum jangka panjang.

Banyak yang komen “aku udah minum lama masih hidup tuh”, ya sama efeknya seperti orang merokok, ada aja yang efeknya cepat merusak kesehatan mereka, dan masih aja ada yang baik-baik aja khan?

Aku nggak larang kalau masih mau minum Montalin ini, itu pilihan masing-masing.

Ini kutulis tahun 6 Juli 2012, beberapa tahun kemudian pun obat ini masih mencantumkan nomor BPOM palsu. Pertanyaannya, kalau obat ini jelas, kenapa harus cantum nomor BPOM palsu?

Silahkan kalau ada yang mau berbaik hati klarifikasi tentang Montalin, misalnya Montalin sudah terdaftar dengan nomor bpom yang benar dan bisa dicek di website resmi BPOM.

Aku tulis ini untuk berbagi info tentang kapsul Montalin ini.

Maaf beribu maaf, aku nggak bisa kasih solusi karna aku bukan dokter atau ahli kesehatan.

Untuk masalah penyakit ya jelas harus ke orang yang ahli.

Konsultasi ke orang yang ahli sesuai kepercayaan, ntah itu dokter, tabib, sinse dan lainnya.

Menurut pengalamanku yang sering tinggal di rumah sakit dari aku SMA karna papa mamaku ‘langganan’ masuk rumah sakit, pengobatan beda-beda tergantung kondisi tiap orang, umur, riwayat penyakit, apa ada alergi, dll. Jadi jangan sampai ikut-ikutan minum obat punya orang lain.

59 thoughts on “Kapsul jamu Montalin perlu diwaspadai

  1. Anonymous May 5, 2017 / 9:33 am

    Montalin sampai dengan saat ini masih menjadi alternatip kalangan masyarakat kelas bawah bahkan menengah, bisa jadi klas atas gan, karena saya pada saat kaki saya bengkak karena radang sendi saya juga mencoba sangat luarbiasa ini kapsul kata orang bilang ces pleng, sebelumnya saya berobat di poliklinik gan dikasih 4 jenis Obat, yg 3 jenis obat radang sendi yang 1 lagi untuk reumatik, empat-empatnya diminum 3 x sehari hasilnya juga hilang tapi masih ada rasa nyut-nyutan, kita juga nggak tau apa isi kandungan obat tersebut sebenernya dan bagaimana pembuatannya kita juga tidak tau hanya percaya bahwa obat ini sehat dikonsumsi, ya sebenernya tinggal cek saja di pabriknya dan ditanyakan pada yang merancang obat MonTalin tersebut, Obat tradisional yg dikampung2 digunakan seperti jamu cekoan bayi, jamu godok, parutan kunyit, parutan temulawak dll sdh sejak dulu sebelom BPOM didirikan masyarakat kampung juga mengkonsumsinya juga aman-aman saja sampai dengan saat ini, ya mungkin ini persaingan bisnis dalam obat juga gan, saya yakin kalau yg penemu racikan obat ini waras nggak akan mau beresiko mengakibatkan merugikan kesehatan orang lain. Bismillah semoga obat ini obat sehat. Aamiin YRA

Apa komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s