LRT Malaysia perlu dicontoh Indonesia

Malaysia, sebuah negara yang mungkin beberapa pihak anggap musuh Indonesia. Tapi dengan liat kemajuan Malaysia, aku rasa sebaiknya Indonesia perlu mencontoh dan jadikan Malaysia sebagai motivasi untuk ikut maju. Salah satunya adalah LRT (Light Rail Transit), kapan ya Indonesia punya transportasi super cepat, nyaman, aman dan murah bagi semua kalangan? Aku yakin semua orang pasti berharap ada transportasi seperti itu di Indonesia.

Foto dibawah ini adalah mesin penjualan token LRT. Kalau kita beli tiket, nanti yang keluar berupa token, bukan lembaran tiket/karcis.
null

Mesin ini touchscreen dan mudah digunakan. Secara nggak langsung, masyarakat dibiasakan dengan teknologi yang canggih.
null

Lembaran uang dimasukkan kesini nih.
null

Dibawahnya nanti keluar token dan uang kembalian.
null

Tokennya seperti ini nih.
null

Nanti token discan di mesin ini. Disini nggak ada penjaga khusus, cuma ada security yang bakal datengin kalau kita terlihat kebingungan. Bayangkan, security yang nyamperin kita, kalau Indonesia, belum tentu kalau kita samperin dijawab baik-baik. Ini nih yang perlu kita pelajari dari negara tetangga, bukan jadikan musuh.
null

Suasana stasiun LRT ini nggak berubah sama sekali dari terakhir 10 tahun lalu aku kesini.
null

Di setiap pintu terpampang rute stasiun dengan jelas. Bagi orang yang nggak tau jalan dan rute juga nggak kebingungan, mau kemanapun juga enak. Kalau terakhir kali aku naik TransJakarta, nggak ada rute yang dipajang di stasiun dengan jelas. Aku lebih sering liat orang-orang tanya rute bus ke petugas.
null
Lampu diatas akan nyala kalau LRT udah mau sampai.

Akhirnya LRT datang juga, masyarakatnya udah bisa mandiri, mereka tunggu orang dulu yang mau keluar, baru mereka masuk. Jarak dari tempat kita tunggu dan pintu LRT pun nggak jauh, dibanding kalau naik TransJakarta, seringkali harus melangkah lebar biar bisa masuk ke dalam bus dengan aman.
null
Bersih ya? Nggak ada coretan, nggak ada bau-bau yang aneh, pokoknya nyaman banget. Sebelum pintu udah mau ditutup, ada bunyi alarm sebagai tanda, jadi semua orang bisa berhati-hati.

Ada banyak tempat duduk yang dikhususkan untuk ibu yang bawa anak kecil, ibu hamil, lansia dan orang cacat. Kebetulan LRT lagi sepi jadi ada orang yang duduk disitu. Kalau TransJakarta ada tempat yang disediakanpun juga diduduki orang, bahkan berdesakan, nggak nyaman.
null

Di dalam LRT ini dilarang makan minum, merokok dan buang sampah sembarangan.
null

Kita bisa dikenakan denda RM500. Tapi aku pernah liat orang yang diam-diam makan dan minum didalam, ya sama seperti di Indonesia, ada jenis orang yang seperti itu. Bukan karna negaranya, tapi ya namanya juga manusia, ada sifat dasar yang ingin melanggar aturan dan rasa penasaran hehehe.
null

Di dalam LRT ini juga ada tempat yang disediakan khusus yang berkursi roda. Di negara maju, biasanya orang yang punya kebutuhan khusus pasti diutamakan terlebih dahulu.
null
Kapan ya Indonesia seperti ini?

3 thoughts on “LRT Malaysia perlu dicontoh Indonesia

  1. irene May 15, 2013 / 6:10 pm

    wah keren juga ya…kapan indonesia punya beginian…

  2. andi nadia January 5, 2013 / 7:05 pm

    bagus emang disana bd ama indo, pantesan aja indonesia selalu di anggap rendah

  3. melly November 25, 2012 / 4:53 pm

    beda banget sama indonesia..cuma bisa berharap, tapi kapan ya? lol

Apa komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s