Diet OCD memakan korban kesekian kali

Aku nggak tahan mau tulis tentang OCD ini. Kemarin temanku, Sasa, cerita kedua kalinya kalau adiknya pingsan, matanya terbentur, giginya patah akibat diet OCD.
deddy corbuzier ocd

Beberapa bulan lalu Sasa cerita kalau kakaknya pingsan, jatuh di kamar mandi dan tulang rusuknya patah.

Yang belum tau diet OCD itu apa, OCD adalah Obsessive Corbuzier’s Diet dari Deddy Corbuzier, alias metode dietnya Deddy Corbuzier. Bukunya juga banyak dijual kok di hampir semua toko buku.

Penjelasan singkat diet OCD ini,
* Nggak boleh sarapan.

* Puasa antara 16 jam, 18 jam, 20 jam, atau 24 jam, artinya boleh makan 8 jam, 6 jam, 4 jam, atau sekali sehari (Deddy nyebutnya sih Jendela Makan).

* Bisa makan apa aja, tapi pada waktunya Jendela Makan, nggak boleh rakus / kalap.

* Kalau olahraga harus dalam keadaan perut kosong.

Kira-kira begitu udah ngerti khan? Jadi penjelasan lebih singkat lagi, OCD = diet puasa, tapi selama ‘puasa’ ini tetap boleh minum.

Temanku sih memang banyak yang katanya berhasil menjalani diet OCD, tapi menurutku itu sengsara dan menyedihkan.

Betapa beruntungnya aku nggak perlu jaga makan, makan apa aja nggak masalah asal nggak malas gerak.

Aku agak heran sama orang yang diet OCD, mereka memangnya nggak tau dan nggak ngerti kondisi tubuhnya seperti apa ya?

Apa mereka nggak peduli makan sampai segitunya? (Eh, ada aja sih yang rela nggak makan demi uangnya untuk belanja)

Udah kelaparan, nggak kuat, trus nggak makan, itu konyol namanya.

Kebetulan kakak adik temanku ini sakit maag. Lebih parah lagi udah tau maag kenapa juga masih dijalani?

Masa sih kondisi sendiri nggak ngerti? Contoh simple, mustahil kalau aku nggak sempatkan untuk makan padahal aku tau ada kegiatan seharian. Daripada nanti tubuhku lemas, nggak konsen dan kelaparan ya aku harus makan cukup.

Sasa sempat bilang “orang kenapa nggak tuntut si deddy sih? bikin orang celaka aja”.

Eit, pikir dulu. Deddy Corbuzier khan juga nggak maksa orang. Deddy juga bilang konsultasi dulu ke dokter apa memang tubuh kita cocok sama diet yang begini. Yang jalani juga pilihan masing-masing, jadi Deddy nggak bisa disalahkan juga, seharusnya kita sendiri yang ngerti kita kuat apa enggak, kalau nggak kuat ya hentikan.

Pesanku untuk yang lagi diet OCD, kalau kamu nggak kuat ya pikir deh baik-baik, jangan cuma ikut-ikutan orang demi obsesi kurus yang berlebihan jadi nggak mikirin diri sendiri.

Banyak yang komentar kalau aku gagal diet makanya tulis beginian, atau anti diet OCD.
Lucunya orang yang bisa komentar begitu, padahal aku dari awal juga nggak larang siapapun untuk ikutan diet ini.

“Ah cerita ini nggak jelas, buktinya mana, cuma modal cerita temen gue temen gue, katanya, katanya”
Ini khan cuma celotehan di blogku sendiri, kalau mau dipercaya ya silahkan, enggak juga nggak dipaksa.

12 thoughts on “Diet OCD memakan korban kesekian kali

  1. ardiologi June 11, 2015 / 8:23 pm

    seharusnya metode dietnya harus dengan disclaimer yang jelas sehingga tidak cenderung “mengkultuskan” 🙂

  2. agus February 22, 2015 / 11:52 am

    Mohon maaf. Article ini mungkin mengatakan bahwa anda gagal dalam diet. Trauma diet dll memang menyebabkan rasa kurang simpatik thdp perjuangan orang diet. Bagus artikelnya.

    • F Vian (MySuperLounge) February 22, 2015 / 10:24 pm

      Wah terima kasih loh udah ambil kesimpulan yg aneh seperti itu 🙂

  3. reis December 5, 2014 / 12:20 am

    Sebenarnya ocd kaya puasa yg biasa d’lakukan cuma beda jm buka z,dan melatih tuk prihatin atas org sekitar kita yg tidak bisa makan.jd sebaiknya d’barengin dengan memakan makanan yg sehat dan bergizi jangan mentang masakan padang boleh jd makanan yg berlemak gitu d’konsumsi.lbh baik ibadah z puasa,saur dan buka magrib,seperti para nabi.

  4. dave edos October 14, 2014 / 12:49 pm

    Justruuu jutaan orang orang yg udah berhasil dgn OCD yang bingung dengan tulisan anda ! Kalau mau buat artikel yg jelas ! Buktinya mana, data nya mana?? Jangan cuma temen gue temen gue temen gue.. ! Ngawur2 aja ! Atau anda hanya oknum penjual obat diet ga jelas yg udah ga laku lantaran ada OCD ???? Hahahhaa the ngawurs !!!

    • F Vian (MySuperLounge.com) October 14, 2014 / 1:04 pm

      kenapa dirimu yang heboh ngoceh2 ya, lucunya, maaf tempat pelampiasan stres bukan disini. nah dirimu sendiri memang punya bukti kl aku jual penjual obat diet? kayaknya situ yang ngawur. makanya tolong sering perhatikan berita ya, korban ocd bukan cuma yang katamu “temen gue temen gue”. di artikel ini udah aku cantum, kl nggak kuat ya jangan ikut2, masa situ nggak ngerti artinya? ya artinya kl kuat ya silahkan, terserah, pilihan masing2 orang. kenapa situ heboh.

  5. elvina December 23, 2013 / 10:40 pm

    itu tergantung individu masing2 sih
    aku aja yg punya maag tenang2 aja..
    Mlah ngak pernah kumat smpai skrang

    • F Vian (MySuperLounge.com) December 26, 2013 / 4:55 am

      Khan memang udah kubilang kalau yang nggak kuat ya nggak usah paksa, kalau yang kuat ya terserah 🙂

  6. vina December 21, 2013 / 12:18 pm

    temen saya masuk rs gara2 ocd, dia sendiri tau sakit maag, tapi dia terus aja meyakinkan diri kalo dia pasti kuat. akhirnya masuk rs dan dokternya bilang kurang gizi. mau diet tinggal atur pola makan aja, bukan berarti diet artinya gak makan, bukan?

  7. sueno December 15, 2013 / 5:36 pm

    halaah ga cewe ga cowo, kantor gw isinya orang ocd semua. ada yang pakek pingsan dikantor jelas2 dia orangnya laperan soalnya punya sakit maag.

  8. Cut November 30, 2013 / 11:25 am

    boleh minum ko, jd kalo pusing, minum aja. Kalau awal-awal 2-3 hati emang bakal ga kuat, tapi kesana seterusnya bakal kuat. 🙂

    • Amel December 15, 2013 / 4:49 pm

      kayaknya orang gini deh yang bikin orang teteup jalanin OCD…iming2 ntar juga bakal kuat..tapi aku ngga mempan diginiin…aku dari awal sadar punya maag..kalo cuma minum ngga bakal kuat..

Apa komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s