Kwe Kia Theng Aliung, terenak di Jakarta yang pernah kucoba

kwe kia theng aliung 01Kwe Kia Theng, makanan khas Pontianak ini jarang didengar dan jarang banget dikenal. Nggak seperti ayam goreng yang dimanapun pasti ada.

Makanan ini pertama kali kucoba waktu aku masih TK, tahun 94 atau 95an. Dulu teman mama yang ajak kami sekeluarga coba, setelah itu papa sering ajak kami kesini karna memang rasanya enak.

Disini juga sedia Kwe Cap, tapi sampai sekarang nggak pernah aku coba.

Dari dulu pasti aku selalu pesan susu kacang tiap makan disini. Rasa susu kacangnya sih standard tapi enak banget untuk teman makan Kwe Kia Theng.
kwe kia theng aliung 02

Kwe Kia Theng isinya kwetiau bentuk persegi yang lebih tebal, berbagai potongan daging dan jeroan babi, dan juga 1 potong telur kecap, tapi tiap makan disini aku selalu pesan tambahan 1 telur kecap utuh.

Kuahnya ini dimasak dari berbagai bumbu dan rempah yang kalau dimakan sangat menghangatkan badan, cocok deh kalau lagi nggak enak badan makan ini.

Biasanya sih kebanyakan orang makan dengan cara dagingnya dicocol ke sambal, tapi kalau aku sih campur sambal ke dalam kuahnya. Wah, rasanya hangat, pedas, gurih, pokoknya bikin ketagihan. Biasanya, kita juga dikasih jeruk untuk diperas ke dalam kuah, tapi nggak pernah aku pakai, soalnya memang rasanya udah pas.
kwe kia theng aliung 03
Dulu waktu kecil, aku cuma mau makan seporsi ini dengan kwetiau yang panjang (dulu sih masih ada, sekarang cuma sedia yang kwetiau persegi), atau kadang tanpa kwetiau.

Dari berbagai Kwe Kia Theng yang pernah aku coba, disini yang paling enak dan kuahnya paling berasa. Rasanya masih sama dengan yang kumakan waktu kecil.

Terakhir aku makan disini sekitar tahun 2002an, setelah lama nggak mampir dan udah kangen benget sama rasanya, akhirnya aku kesini lagi. Tiap pulang pasti aku bungkus 4-5 porsi untuk disimpan dikulkas, tapi dalam kurang dari 2 hari udah habis.

Disini agak susah parkir mobil, dan terpaksa kalau aku kesini harus parkir di tempat makan orang atau lebih jauh. Parkir motor sih masih lebih praktis. Tapi tenang aja, ada tukang parkir kok disepanjang jalan. Kalau kesini harus siap-siap menikmati macet, karna jalan pademangan ini sering dilewati untuk tembus ke Mangga Dua – Kemayoran atau sebaliknya.

Walau harus mengarungi macet, demi semangkok Kwe Kia Theng enak begini sih aku rela.

Masalah harga, harga tergolong murah untuk semangkok yang isinya banyak daging dan jeroan. Minimal bayar 50.000 untuk makan berdua, masih kembali deh. (Ya harga bisa berubah ya ikutin jaman hehehe)

Cobain deh kalau penasaran, sayang banget makanan enak begini jarang ada yang tau, apalagi makanan khas daerah begini hampir punah. Hari rabu selalu libur, tapi kadang kalau pemiliknya ada urusan ya tokonya libur.

Lokasi :
Jl. pademangan 4 raya gang 18

9 thoughts on “Kwe Kia Theng Aliung, terenak di Jakarta yang pernah kucoba

  1. yunsanli December 2, 2015 / 5:18 pm

    Kwe kia theng aliung buka jam berapa?nyesel gw pergi sana barusan dah closed udh macet total lgi:zzzzzzzzz.

    • F Vian (MySuperLounge) December 2, 2015 / 5:44 pm

      Hahaha emang kesana harus berjuang banget, macettttttttttt banget. Bukanya sore, sekitar jam 4an, hari rabu dia libur, biasanya kl pemiliknya ada urusan jadi toko tutup juga.

  2. angela January 16, 2014 / 7:18 am

    aaaaaaaahhhhhh ini yang aku cari….namanya kwe kia theng ya hahaha…ak gak tau namanya…. googling kwetiau isi jeroan gak ketemu2 nama makanannya hahahahaha…untung direview…makasiii….makanan ini susahnya minta ampun dicari…

  3. handi December 25, 2013 / 11:30 am

    thx rekomendasinya, minggu lalu gw makan disana, keluarga pada suka.

  4. vina December 21, 2013 / 12:14 pm

    ya ampun, daging sama jeroannya banyak banget, mantap tuh

  5. margareta December 12, 2013 / 8:12 am

    hai saya mau tanya kalau minggu ke pademangan macet ga?

  6. eveline December 11, 2013 / 10:10 am

    pas weekend ak mau ah

  7. Eddy December 10, 2013 / 7:54 am

    gw pernah makan kwe kia theng di pademangan juga, sejak pindah ke cibubur ga pernah makan disana lagi. cuman gw agak ragu apa kwe kia theng aliung yang gw dulu makan. seinget gw sebelahnya dia ada jual kue gitu, soalnya tiap gw makan pasti beli kue. lu tau ga?

    • F Vian (MySuperLounge) December 10, 2013 / 2:30 am

      Maksudmu mungkin memang yang ini, soalnya dulu aku juga selalu beli kue sehabis makan. Yang aku ingat sih dulu jualannya di seberang tempat yang sekarang. Coba aja, kalau memang iya, rasanya nggak berubah dari dulu sampai sekarang.

Apa komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s