Apa itu endorse? Kenapa aku nggak terima endorse?

endorseSering nggak tuh liat online shop pada nawarin gini ke orang terkenal, “boleh endorse kak?”, “mau endorse boleh?”. Coba kalau mampir ke akun social media artis yang lumayan ngetop, pasti banyak artis yang foto dengan produk ntah itu baju, makanan, atau barang-barang lucu dari online shop.

Bahkan kadang online shop mempromosikan produknya dengan kalimat “Artis yang ini aja suka loh..”.

Nah artis dan orang terkenal itu memangnya beli dari online shop itu kah? Enggak dong. Mereka dikirim GRATIS dengan imbalan foto + tweet. Iya beneran, serius, gratis.

________________________________


Apa arti kata endorse SEBENARNYA?

Sebuah tindakan dimana kamu tuh mendukung (support) atau kamu setuju terhadap sesuatu.

Misal Sandra Dewi yang rambutnya bagus itu adalah brand ambassador (seseorang yang dibayar untuk ningkatin penjualan dan nilai merk sesuatu) salah satu shampoo.

Maka, Sandra Dewi itu nge-endorse si shampoo. Ngerti?

________________________________

Di dunia online shop jaman sekarang : Apa itu endorse?
Endorse itu salah satu cara iklan online shop kirim barang ke artis (kadang artis boleh pilih barang yang dia suka) dengan GRATIS, nanti artis foto dengan barang yang dikirim itu lalu nge-tweet dengan mention si online shop, contohnya “thanks ya @yangkirimbarangtadi aku suka deh”.

Untungnya apa?
Si online shop ini berbangga hati nunjukin kalau si artis ini aja suka produknya, jelas tujuannya biar jualannya makin laku, dan si artis ini yang mungkin tadinya nggak terlalu dikenal jadi bisa terkenal.

________________________________

TAPI, sekarang endorse tuh banyak yang bayar. Apalagi mau endorse ke artis beneran atau orang populer di sosmed

Sekarang banyak jasa biar penjual online bisa endorse ke artis / selebgram (orang yang terkenal di sosial media) dengan cara kirim barang dan bayar jasanya mulai dari puluhan ribu sampai jutaan!

________________________________

Blog marsylicious.blogspot.com yang kebetulan bahas endorse juga, bilang gini :
Nggak jarang gue nemu artis yang rada maruk loh. Jadi misalnya si onlineshop ngasih gambar satu model baju dengan 6 pilihan warna gitu sambil bilang “Mau warna apa cantik?”, Trus nggak jarang artis yang jawab “mauu yg blue, green, orange, sama red dong” atau bahkan “Mau satu set dong biar kece”. Agak sadis yaa kedengerannya. Gue rasa pas ngebacanya si onlineshop pun sempet agak nyesel juga kali yaa nawarin tuh artis buat endorse. Hahahaha.”

________________________________

Banyak yang hubungi aku mau kirim barang gratis dan aku boleh pilih barang apa aja. Tapi aku tolak dan masih banyak lagi email permintaan endorse yang aku diamkan, nggak bisa kubalas satu-satu, jadi jawabannya kujadikan tulisan aja sekalian.

Barang pertama dan terakhir yang aku terima dari online shop adalah Kinoki Detox Foot Pads, dan review itu kutulis apa adanya.

Mungkin banyak yang pikir “Ih bego banget, orang mau kirim barang kok ditolak sih, enak kan dapat barang” atau “Sombong banget nggak mau endorse, padahal kan sama-sama terkenal”

Ini jawaban kenapa aku nggak terima endorse :
* Gara-gara endorse, kualitas suatu produk jadi dipertanyakan. Beneran bagus nggak sih? Makanannya beneran enak nggak sih?

Pernah sekali aku beli makanan homemade dari online shop yang rasanya cuma kunilai 2 dari 10. Banyak yang bilang enak sih, tapi sebagian yang bilang enak itu semua orang yang dikirimi makanan gratis buat di endorse. Kenapa aku tau? Mereka sendiri yang bilang mereka dikirimi makanannya, bukan beli.

Singkatnya, orang itu dibayar untuk bilang produk itu bagus.  (Antara itu dibayar dengan kirim barang gratis atau bayar dengan uang karna udah ‘iklanin’ produk itu)

Nah aku nggak suka tuh cara begitu.

* Semua tulisan dan review di blogku ini murni kemauanku sendiri tanpa bayaran tanpa imbalan. Kalau aku nggak suka ya tulis nggak suka, makanan nggak enak ya kutulis nggak enak.

Kalau mau kasih hadiah karna aku udah review ya silahkan (contohnya aku dihadiahi voucher dari Pempek Wilson)..

Tapi aku nggak terima bayaran apapun supaya aku tulis yang bagus-bagus tentang suatu produk atau jasa.

Aku nggak terima keuntungan apapun demi mengiklankan produk atau jasa di blogku ini.

Aku nggak mau blogku ini jadi blog yang terima review bayaran atau yang isi tulisannya ujung-ujungnya iklan.

________________________________

Sekali lagi, tulisan ini nggak ada maksud negatif. Ini semua pendapatku tentang endorse dan kenapa aku nggak nerima endorse untuk blog ini.

116 thoughts on “Apa itu endorse? Kenapa aku nggak terima endorse?

  1. hitractor October 6, 2016 / 10:00 am

    saya numpang ketawa ya. ada komen di bawah bilang kalo review jelek harus “minta ijin” dulu. review kan review, masa’ orang review kurang bagus mesti ngasih tau yang punya produk dulu baru dipublish reviewnya? masa’ saya beli laptop dan review kelebihan kekurangannya harus minta approval dari toko atau merk laptopnya? aneh komennya

    • F Vian (MySuperLounge) October 6, 2016 / 11:02 am

      Nah makanya aku juga bingung. Yang aku review dengan jujur khan barang yang kubeli sendiri, bukan yang dikirim. Mungkin orangnya salah paham 🙂

    • hitractor October 6, 2016 / 2:44 pm

      tulisanmu sudah cukup jelas dengan penjelasan yang simple, tapi kalau orangnya kurang suka tulisanmu apapun yang kamu tulis pasti diprotes. keliatan kan dibawah dia niat sekali sampai komentar dengan identitas yang beda demi mempertahankan pendapatnya?

      saya nilai orang dibawah itu kurang cerna sehingga menilai tulisan kamu bermaksud lain. saran saya sebaiknya tulisan kamu diperjelas sejelas jelasnya bahwa yang kamu review apa adanya adalah barang yang kamu bayar dengan uangmu sendiri.

      keliatan sekali orang dibawah itu nyangka barang yang kamu review adalah barang yang dikirim oleh online shop, makanya dia bilang sebelum review negatif harus “minta ijin” dulu ke online shop yang kirim barang.

    • F Vian (MySuperLounge) October 6, 2016 / 9:04 pm

      makasih sarannya, nanti aku edit tulisan ini lebih jelas lagi

  2. yuliana rifki October 6, 2016 / 7:32 am

    Bole minta tolong kak? Kalo ada komennya gaje mending delet aja komennya. Jgn diapprove plis, notif jadi keisi komen gaje. Gerah tau bacanya.

    Kalo diladenin ntar jadi kayak twitter banyak komen pake klonengan >u<

    Kalo bisa komen yang dibawah itu diapus aja. Ntar orang komen2 disitu malah panjang kan urusannya.

    • F Vian (MySuperLounge) October 6, 2016 / 10:35 am

      Asal komennya nggak kasar sih aku approve. Tapi berhubung orangnya udah “nyamar” komennya pakai nama beda tapi ip address sama, terpaksa aku blokir untuk kenyamanan bersama. Daripada nanti saling komen nggak selesai2.

  3. IGBro October 1, 2016 / 5:21 pm

    Hi kk!

    Boleh dong kita numpang kasih pendapat ya tentang endorse berbayar yah.

    Endorse berbayar itu sebenarnya hampir sama dengan sponsor, dan baik itu free atau berbayar, itu adalah deal antara olshop & yang endorse, begitu juga penggunaan hasil dari endorse tersebut seperti gambar/video.

    Yang jelas kita sudah sering melihat ini dimana-mana, ketika acara TV kesayangan kita menggunakan dan menyorot produk-produk sponsor mereka.

    Kalau menurut saya, jika berbayar, endorse tersebut hasilnya harus sepadan seperti kualitas gambar yang diambil, lokasi, waktu karena ini semua adalah biaya yang tidak mungkin ditanggung yang endorse. Bener gak? Sewa fotografer (kalau belum punya kamera sendiri), ongkos, uang makan.

    Bagaimana menurut kk? 🙂

    • F Vian (MySuperLounge) October 1, 2016 / 5:35 pm

      Hai juga. Iya seperti yang aku tulis diatas, itu kesepakatan si online shop dan yang endorse – mau yang berbayar atau nggak. Hmm tapi yang aku bahas bukan kualitas hasil video/foto, biaya, dll. Tapi lebih ke pandanganku tentang endorse ini.

    • arista October 4, 2016 / 9:12 pm

      igbro komennya ga nyambung euy
      itu muter2 jelasin sih sklian modus ngiklan disini

    • IGBro October 5, 2016 / 11:09 am

      Tidak Ada modus kok kk, topiknya Memang menarik untuk dibahas:)

    • IGBro October 5, 2016 / 11:03 am

      Yup kk kalau terima endorse free nih, ongkir + produk itu tetep Ada valuenya yah. Terlepas kk mau senyum atau cemberut ketika fotonya diambil untuk review itu produk kan itu terserah kk.

      Yang jelas kalau normalnya, kalau kk mau kasih review negatif kk harus minta izin yang punya barang dulu, kalau enggak kk bisa kena sanksi hukum yang erat kaitannya dengan perusakan nama baik lah.

      Kk gak usah pusing kalau endorse mau free atau paid, itu semua sudah Ada etikanya kok:)

    • F Vian (MySuperLounge) October 5, 2016 / 11:10 am

      Kok jadi agak ngelantur ya? Khan lagian di blog ini aku review sesuai pendapat pribadi, bukan endorse 🙂 Aku juga nggak berminat endorse free / bayar kok 🙂 Makasih untuk komentarnya 🙂

    • IGBro October 5, 2016 / 12:07 pm

      Sip kk! Maaf, kirain kita bahas tentang endorse :X

      Abis artikelnya bilang gara2 endorse, kualitas produk jadi dipertanyakan. Kenyataannya kan selera orang beda satu sama lain. 🙂

    • F Vian (MySuperLounge) October 5, 2016 / 12:23 pm

      Khan itu pendapatku tentang endorse, menurutku kualitas produk yang diendorse jadi dipertanyakan.

      Beda dengan iklan. Iklan (misal di TV) ya jelas memang nunjukin keunggulan produk dll.

      Kalau endorse khan menurutku dibuat2, salah satu contohnya yang endorse itu bilang sering beli, langganan, ternyata dikirimi gratis terus.

      Ok end of discussion daripada ngelantur jauh 🙂

    • IGBro Community October 5, 2016 / 12:36 pm

      Ohhhh…

      Ini kita bukannya mau buat ngelantur kok kk, kalau boleh tau kk dapet infonya dari mana kalau selebgramnya dikirimin gratis terus? Prasangka atau memang 100% olshop selalu ngirim barang gratis terus ke wajah2 cantik dan ganteng? Kita penasaran aja.

      Atau yang di endorse gak bisa jadi pelanggan?

      =====

      Olshop kasih sample buat selebgram, dia suka dan mau beli, seperti itu?

      Kayak sample2 di supermarket gitu, atau bagaimana ya? Kok jadi rancu 😀

      Regards,

      >

    • F Vian (MySuperLounge) October 5, 2016 / 1:03 pm

      kalau boleh tau kk dapet infonya dari mana kalau selebgramnya dikirimin gratis terus? Prasangka atau memang 100% olshop selalu ngirim barang gratis terus ke wajah2 cantik dan ganteng? Kita penasaran aja.
      Aku udah tulis lho, ada selebgram yang dikirimi gratis, ada yang berbayar. Aku nggak bilang para online shop selalu endorse secara gratis (kirim barang gratis tanpa fee)

      Memang banyak kok blogger yang terima endorse gratis (cuma kirim barang tanpa bayaran), ya tentu tergantung kesepakatan si online shop dan endorser.

      Aku juga nggak bilang kalau endorser semuanya harus pasti cantik dan ganteng.

      Ya terserah kalau yang diendorse akhirnya jadi pelanggan tetap. Tulisan ini khan berdasarkan pengalamanku tentang endorse dan aku nggak terima endorse, jadi kalau orang lain mau jadi endorser, online shop pakai jasa endorse atau punya jasa seperti IGbro ya silahkan 🙂

      Makasih udah mampir, sekali lagi, end of discussion 🙂

    • anies October 5, 2016 / 1:40 pm

      ia btul. aq ikt komunitas2 d fb. yg trima endors gratis byk say. mgkn si agan ga tau z

    • IGBro Community October 5, 2016 / 2:44 pm

      Hehe, kita off ya:)

      Abis kita baru tau kalau endorse yang kirimi produk gratis itu namanya endorse gratis, Walau Ada harga produk + ongkir tetep namanya endorse gratis 🙂

      Kalau penjabaran saya sih tetep seperti sebelumnya, yang didefinisikan kk ini masuk di kategori sponsorship bukan endorse.

      Ada perbedaan besar antara endorse, iklan dan sponsorship.

      Sponsorship itu lebih dalam koneksinya ketimbang endorse atau iklan, orang yang sponsor itu biasanya memakai bener2 produk yang mereka sponsor terlepas mereka bayar atau dikasih gratis.

      Contoh, Rafli Ahmad sponsor mama lemon, ketika dirumahnya adanya mama lemon, bulan depan kerumahnya lagi Ada mama lemon. Artinya Rafli Ahmad sponsor mama lemon, dengan artian bahwa Rafli Ahmad merasa bahwa mama lemon lebih bagus ketimbang produk lain.

      Nah kalau endorse ya mau gratis (walau yang nanggung ongkir si olshop) atau berbayar (semua ongkos ditanggung olshop). Cuman 1-2 kali aja… 🙂

      Regards,

      >

    • Arifin S October 5, 2016 / 2:20 pm

      Saya ikut nimbrung ya, saya rasa tulisan blognya memang tidak objektif masbro. Ini sekedar opini beliau dan sangat subjektif dari sudut pandang negatif satu orang saja. Jadi tidak perlu diperdebatkan 🙂

      Kalau menurut saya sih, namanya iklan dan endorse itu sama saja, hanya approachnya saja yang berbeda, kalau iklan itu cenderung dipaksakan sedangkan endorse itu lebih ke penerimaan masyarakat, contoh yang gak terima yah mis F Vian ini 🙂

      Kalau sudah lama terjun di dunia bisnis baik entertainment, olahraga, dll pasti sudah paham lah.

    • F Vian (MySuperLounge) October 5, 2016 / 10:55 pm

      ini Arifin S niat banget komen pakai nama beda padahal igbro sendiri

    • yanti megasari October 5, 2016 / 5:25 pm

      ternyata bukan cuma saya yang rasa aneh dan ngawur comment nya. hehehehe kayaknya ada yang gagal paham atau emang ada udang di balik bakwan..

      sorry ya ikut comment..sebenernya sis vian udah ngejelasin lengkap dan cukup jelas bagi saya..
      tapi agan igbro malah bilang kalo endorse kan kualitasnya harus bagus, perlu waktu,biaya,ongkos,uang makan,etc,etc. eh?? apa sih ini? igbro agak kurang connect sama topiknya. bagi saya ngawur aja waktu baca commentnya igbro dari awal

      duh agan igbro bilang baru tau endorse gratis? baru tau kok commentnya heboh sekali hehehe ol shop kirim barang gratis terus2an jg ada kok gan, ga cuma 1 or 2x aja. agan igbro aja yang belum tau baanyak kayaknya

      maaf hanya berbagi pendapat saya aja…ga perlu ditanggapi

    • Grace MC October 5, 2016 / 9:20 pm

      wkwkwk bener tuh igbro ada udang dibalik bakwan keknya, gue juga bingung apa yang dia ributin…keknya emang gagal paham si igbro…sis Vian ngomong apa, dia ngomong apa…gue juga ikut blunder kok tau2 igbro jadi bahas uang makan ama sewa fotografer segala…bingung gue….pengertian endorse sebenernya yang kek sis Vian tulis itu bener kok kalo diliat di kamus cambridge gue…mnurut gue sih igbro komen ga setuju gitu soalnya dia punya jasa endorse…wajar aja ngerasa kayak ngejelekin endorse gitu..padahal sis Vian tulis apa yang dialamin versi kacamata customer….gue juga beberapa kali alamin yang sama kayak sis Vian tuh kecewa ama makanan hasil endorse…hargain aja pendapat orang lain, tulisan ini gue liat gak ada negatifnya…..

    • Miranda October 6, 2016 / 3:12 am

      Sis udah dijelasin abang diatas, kalau yang dijelasin kk ini masuk kategori sponsorship bukan endorse lagi 🙂

      Jadi yang dia bilang Sandra dewi itu brand ambassador shampoo itu, sebenernya gak Ada yang dirugikan.

      Pemilik brand untung, Sandra dewi untung, orang yang seneng Sandra dewi Dan berpendapat Sama juga untung. Yang rugi pun gak ada, kalau dia coba trus gak sesuai ya tinggal coba merk lain, kok malah brand atau Sandra dewi nya yang disalahin?

      Kalau yang olshop kirim gratis terus yah itu Kan teknik marketing mereka. Belum tentu juga mereka jadi banyak pembeli.

      Dan abang juga udah bilang diatas kalau situ gak terima endorse tapi terima review apa adanya, kalau reviewnya negatif Memang harus ke olshop/yang punya produk dulu gak bisa langsung main ke publik, semua Ada etikanya. Gampang kok.

      Saya sbg yang punya olshop juga gak hobi nipu pelanggan, kalau gak gimana bisnis saya mau jalan, Dan saya yakin temen2 lain juga seperti itu. Tulisannya ini ngawur emang sis. 😀

    • F Vian (MySuperLounge) October 6, 2016 / 10:36 am

      Dear Miranda / IGbro / Arifin S,
      Aku ngomong gini karna kebetulan lokasi ip address kalian sama, nggak tau kebetulan atau di tempat yang sama atau gimana deh. Jam 3 subuh ada komen dengan nama Miranda, tapi lokasi ip addressnya persis IGbro.
      Lho, sesuai yang aku bilang di tulisan ini.
      Aku nggak terima endorse/iklan/apapun sebutan menurut kalian.

      situ gak terima endorse tapi terima review apa adanya, kalau reviewnya negatif Memang harus ke olshop/yang punya produk dulu gak bisa langsung main ke publik, semua Ada etikanya. Gampang kok.
      Aku cuma bilang blogku ini mereview apapun dengan jujur, dan produknya pun aku beli sendiri, kenapa aku harus bilang dulu?

      Pernah aku diminta untuk review dan dikirimi gratis Kinoki Detox Foot Patch, aku review apa adanya, tentu sebelumnya aku bilang duluan ke yang kirim produk “barangnya aku review apa adanya ya, setuju?” Iya iya aku punya etika kok. Kompak banget kalian ngomong etika 🙂

      Pemilik brand untung, Sandra dewi untung, orang yang seneng Sandra dewi Dan berpendapat Sama juga untung. Yang rugi pun gak ada, kalau dia coba trus gak sesuai ya tinggal coba merk lain, kok malah brand atau Sandra dewi nya yang disalahin?
      Yang salahin merk dan si artis juga siapa? Khan aku cuma tulis pengalaman burukku aja, contoh si A upload foto bilangnya beli makanan X dan enak banget, ternyata aku coba sendiri nggak enak. Dalam artian ini aku sempat tergiur, eh ternyata nggak enak, dan aku cari tau ternyata orangnya nggak beli. Aku nggak salahin siapapun lho.

      Aku ngerti kamu punya jasa endorse makanya bersikeras komen sampai begini.
      Kalau kita beda pendapat ya wajar, nggak jadi masalah seharusnya. Ini cuma masalah perbedaan sudut pandang.
      Kalau ada kata-kata yang menyinggungmu di tulisan tentang endorse, aku minta maaf.

      Dari kemarin aku udah bilang end of discussion karna aku yakin komen ini berlanjut panjang, eh nyatanya sampai ada komen ‘pendukung’ dengan nama lain tapi lokasi ip address sama.

      Sebelumnya maaf ya, komenmu yang akan datang akan terblokir (walaupun pakai nama beda atau ip address beda), karena kamu niat banget komentar disini dengan nama beda untuk mendukung komentarmu sendiri, dan niat banget pakai proxy untuk komen pakai nama Riipkii Aboy.

      Daripada nantinya ikut direspon orang lain dan berlanjut panjang, demi kenyamanan bersama. Udah ya cukup 🙂

    • yanti megasari October 6, 2016 / 10:53 am

      oooooooooh pantesan comment miranda sama2 gagal paham kayak igbro hehehe ternyata orangnya sama ya kayaknya..padahal yang saya maksud comment ngawur itu commentnya igbro..miranda bilang tulisan ini ngawur emang..padahal saya bilang comment igbro yang ngawur heheh

      —————————————————————–
      sis tolong bantu ralat komen saya yang diatas jadi yang berikut :
      ternyata bukan cuma saya yang rasa aneh dan ngawur comment nya. hehehehe kayaknya ada yang gagal paham atau emang ada udang di balik bakwan..

      sorry ya ikut comment..sebenernya sis vian udah ngejelasin lengkap dan cukup jelas bagi saya..
      tapi agan igbro malah bilang kalo endorse kan kualitasnya harus bagus, perlu waktu,biaya,ongkos,uang makan,etc,etc. eh?? apa sih ini? igbro agak kurang connect sama topiknya. bagi saya ngawur aja waktu baca commentnya igbro dari awal

      duh agan igbro bilang baru tau endorse gratis? baru tau kok commentnya heboh sekali hehehe ol shop kirim barang gratis terus2an jg ada kok gan, ga cuma 1 or 2x aja. agan igbro aja yang belum tau baanyak kayaknya

      maaf hanya berbagi pendapat saya aja…ga perlu ditanggapi

    • Vero October 6, 2016 / 12:58 pm

      pheewww….setuju kak, salut sama tindakan kakak
      ampe pake nyamar2 segala buat komen ckckck
      aku pantengin lho komen dia soalnya dapet notif
      sampe gerah bacanya wkwkwkwk
      dia kayaknya salah paham ama tulisan kakak deh
      ga jeli bacanya mgkn ya
      kalo aku baca si tulisan kakak tu ga kyk yang dia maksud
      bener bisa diblokir kak? kalo dia pake proxy gimana?

    • F Vian (MySuperLounge) October 6, 2016 / 9:03 pm

      Dia akhirnya sempat komen pakai proxy tuh, tapi karna udah kufilter, komennya langsung terhapus otomatis.

  4. denis September 26, 2016 / 2:24 am

    Kl kita mau ksh review produk yg bagus tp kita sih ga di endorse kt memang mau ksh review ni produk recomended trs arti endorse kan mendukung atau sponsor gt boleh ga sih kita tag #endorse atau #endorsement? Atau hrs yg diendorse aja alis yg diminta oleh pemilik produk, yg gratisan aja kl yg byr sndr bole g tag endorse itu? Thanks ya ditunggu replynya, salam.

    • F Vian (MySuperLounge) September 26, 2016 / 2:31 am

      Boleh aja kalau suatu produk recommended banget tapi kamu kasih hashtag #endorse / #endorsement

      Tapi kalau endorse yang artinya kamu mendukung, tandanya kamu dibayar.

      Kalau kamu nggak mau orang kira kamu dibayar, bisa juga hashtagnya #review atau #recommended

  5. astrid May 30, 2016 / 5:54 pm

    tau gak kak ada aku baru liat olshop upload foto cowo lagi makan kue trus captionnya “testimoni dari customer tercinta, sering2 beli lagi ya”. aku liat instagram si cowo itu dan cowonya nulis kalo olshopnya udah ngirim 4x ke dia. tuh padahal si olshop ngirimin ke itu cowo pake ngaku2 itu customer tercinta. ih ngaku2 ya olshop skrg, nipunya banyak akal.

    • F Vian (MySuperLounge) June 1, 2016 / 1:44 pm

      udah biasa, banyak yang ngaku itu pembeli mereka padahal orangnya dikirimi gratis.

  6. ayu maya May 21, 2016 / 4:02 pm

    Kalau gt..mau gak kak cobain snack home made aq.. buat review aja..soalnya selama ni yg bilang enak cuma sekitar rumah dan keluarga.. kalau bersedia tolong hub aq ya kak.. di line dapoer_makarodas.. makasih kaaak

  7. Faravra May 18, 2016 / 11:14 pm

    jadi Endorse = Promosi ?

  8. karimunjawa tour April 23, 2016 / 8:48 pm

    hahaha, baru tau apa itu endorse, eh keren nih blog, search google endorse langsung muncul, te o pe deh

  9. sandraikaputri April 4, 2016 / 4:57 pm

    ngebantu banget kak blognya, secara masih baru di dunia instagram huhuhuh, #telatgaul
    jadi bisnisnya baru dipromot diinstagram pas mau pertengahan 2015, jadi sekarang masih dikit followersnya, cuman temen temen, suka nyepam juga si di akun artis wkwk #hemat karena endorse mahal banget huaaa..

  10. luthfi zulaihah March 18, 2016 / 2:40 am

    Thx y ka.udh share info.jd kekinian deh gag kudet.kabar baiknya tulisan d blog ini jd the first page lohh d google..

Apa komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s