Liat foto masakan babi, ada netizen yang komentar negatif

Babi Guling (asianfood.tumblr.com) http://asianfood.tumblr.com/post/3884509524/babi-guling-by-wantet
Babi Guling (asianfood.tumblr.com)
http://asianfood.tumblr.com/post/3884509524/babi-guling-by-wantet

Jadi gini ceritanya, waktu aku lagi liat foto-foto di Instagram orang, di foto nasi babi khas Bali ada komentar begini “eh bego! islam kan ga boleh makan babi. lu islam bukan sih?”.

Komen itu dibalas sama yang punya foto “iya saya ngerti kok, tapi maaf saya bukan islam”.

Aku liat sih yang komentar itu anak SMP (di bio nya dia bilang SMP mana gitu pokoknya).

Aku heran deh, orang lain yang upload foto masakan babi kok di komen begitu sih, dibilang bego segala. Namanya juga Instagram, bebas upload foto apapun asal nggak melanggar ketentuan. Ya mungkin aja dia komen begitu karna dia masih belum dewasa.

Tulisan ini sengaja ku tulis bukan bermaksud untuk membela kaum “pemakan babi” atau memojokkan yang muslim.

Sayangnya ada orang yang dewasa pun begitu, banyak banget komentar negatif di foto masakan babi.

Pernah kubaca percakapan begini di foto orang yang suka upload foto kuliner…
Si mbak : “Ih, babi kan haram buat muslim, kenapa rekomendasi makanan itu sih?”.

Yang punya foto : “Maaf, di caption foto kan saya udah bilang ini non halal, kalau mbak muslim ya jangan kesana”

Si mbak : “Ya jangan upload fotonya dong”

Loooooohhh? Yang jadi masalah itu apa ya sebenarnya?
Orangnya khan nggak suruh / nggak ngajak / nggak maksa yang muslim untuk makan.

Aku banyak berteman sama orang yang beda agama, termasuk yang muslim. Kami bisa saling hargai perbedaan. Tapi herannya sebagian orang nggak bisa saling menghargai perbedaan.

Sekali lagi, aku nggak memojokkan / menyalahkan yang muslim.

Bagiku, agama tuh nggak ada yang salah, yang salah itu sifat dan sikap manusianya kadang aneh.

Contohnya orang jahat aja khan macam-macam suku dan agamanya, nggak bisa jadi patokan agama tertentu tuh nggak benar. Yang nggak benar ya manusianya sendiri.

7 thoughts on “Liat foto masakan babi, ada netizen yang komentar negatif

  1. eka hesti October 24, 2016 / 3:05 pm

    maklum sis, banyak yang lebay, berasa dunia ini milik mereka sendiri. padahal mereka nggak inget mereka hidup berdampingan sama umat lain

  2. Nia October 21, 2016 / 1:16 pm

    ckckck kita harusnya saling menghargai umat ciptaanNya….buat apa sih nyimpen rasa benci dengki ke umat agama lain..

  3. arsya raffi October 7, 2016 / 1:48 pm

    ya aku setuju…kelakuan orang iitu yang bikin dirinya jadi keliatan rendah..bukan agamanya..

  4. Utie August 24, 2016 / 11:45 pm

    Hahaha, byasa lah ce, lha wong pas puasa kmrn ada artis non muslim upload pict makanan or minuman tengah hari di ig nya, kebanyakan malah komen negatif, lha yg pnya ig sopo sing ribut sopo kok ngatur2 gegara muncul di timelinenya itu pict, suka2 yg punya ig la, ga usah diliatin ampe ngeces jg atau tinggal unfollow bae lah, gitu aja kok repot, yg di-unfollow jg ga rugi kok

    Sorry kalo ada yg tersinggung, saya bukan mau memecah belah, atau ga menghargai yg muslim, cuma ksh masukan supaya lebih bijak jika ingin berkomentar, komentarlah yg sopan dan lihat sikon

  5. A. Shafa August 24, 2016 / 6:12 pm

    saya setuju 1000000%…saya yang muslim aja suka malu sama orang yang ngakunya muslim tapi kok kelewatan omongannya. memang benar yang mbak bilang, agamma ngga salah, tapi orangnya itu lho. buktinya yang kasus vaksin palsu itu juga muslim. jadi bukan salah agamanya hehehe tapi orangnya.

  6. Putri Handayani August 24, 2016 / 2:06 pm

    Setuju banget sama kalimat ini

    “Bagiku, agama tuh nggak ada yang salah, yang salah itu sifat dan sikap manusianya kadang aneh. Contohnya orang jahat aja khan macam-macam suku dan agamanya, nggak bisa jadi patokan agama tertentu tuh nggak benar. Yang nggak benar ya manusianya sendiri.”

  7. Nur Mae August 23, 2016 / 10:21 pm

    Duhh ini yg bkin aku suka sm tulisan kak vian 😗 Slalu nulis apa adanya 😍 Aku juga setuju banget kak, aku sbgai muslim jg biasa aja tuh klo liat kak vian upload makanan non halal, walau ikut ngelike tp bukan berati aku suka makan babi, tp bagus aja gitu liat foto kak vian. Kadang miris kak liat orang suka ngatain orang tp kelakuan sendirinya gak bener.

Apa komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s