Alasan kenapa orang pelit bagi resep masakan

pelit-bagi-resepSering minta resep ke orang lain tapi nggak dikasih?

Ngerasa orangnya pelit ilmu, sombong, nggak mau berbagi?

Banyak yang nggak mau kasih resep karna punya alasan, hargai apapun alasan orang itu, jangan dibilang pelit apalagi ngata-ngatain.

Banyak banget lho orang ngata-ngatain yang nggak mau kasih resep, bahkan keluar bahasa kasar dan isi kebun binatang dibawa semua.

Contohnya seperti salah satu orang di group facebook, udah bilang orang pelit eh ngata-ngatain orang pula. (Sayang banget post si ibu itu udah dihapus)

Lalu si pemilik group meng-screenshot post itu dan komentar begini :

group-pelit-kasih-resep-01

Beberapa komentar dibawahnya…

group-pelit-kasih-resep-02

group-pelit-kasih-resep-03

group-pelit-kasih-resep-04

__________________________________

Nah yang diatas itu cerita dari facebook dan pendapat orang-orang kenapa mereka nggak bagi resep, sekarang aku kasih tau alasan menurutku :

1. Kadang orang malas ditanya resep karna takut nanti urusannya panjang
Dulu mama pernah punya kenalan yang hobi banget tanya resep. Mending ya kalau cuma tanya 1 atau 2 resep, tapi ini tanyaaaaaa terus.

Pertama kali mama ditanya tentang buat kue. Setelah mama kasih resep, besoknya dia telpon mama lagi, katanya kuenya gagal. Mama tanya apa udah ikut tahap-tahap yang mama kasih tau, katanya udah.

Akhirnya orangnya telpon mama hampir tiap hari untuk tanya-tanya sampai kuenya berhasil.

Lama kelamaan, mama mulai ngerasa terganggu kalau ditanya-tanya. Mama bilang “Emang anakmu nggak bisa internet? aku cari resep makanan baru juga liat di internet bareng anakku”

Orangnya jawab “Ah anakku nggak bisa”.

Besok-besoknya mama kalau ditanya resep,
mama jawab “Aku baru aja beli tabloid masak X, ada resepnya di halaman 3” (soalnya mama langganan beli tabloid kuliner dan masakan sih)

Kadang orang malas berurusan sama orang yang minta resep, soalnya nanti kalau dikasih resep dan gagal, ntar malah nyalahin yang kasih resep, dibilang kasih resep palsu.

Padahal kemungkinan kadang si pembuat melakukan kesalahan kecil yang akhirnya makanan jadi gagal.

2. Orang malas kasih resep karna dia juga udah pernah susah payah, masa dengan gampang orang minta tanpa ada usaha keras
Kalau mau bisa masak atau buat sesuatu butuh waktu untuk belajar dan jatuh bangun. Coba – gagal – coba lagi – gagal lagi – coba lagi – gagal lagi, ya cobaaaa terus sampai berhasil.

Resep banyak bertebaran di internet. Sekarang jaman internet khan apapun bisa dicari.

Internet kurang kencang dan nggak cukup kuota?
Jaman mamaku dulu internet aja belum ada, mama beli majalah, tabloid, apapun deh yang ada resepnya.

Sesuai pengalaman mamaku yang koleksi buku/majalah masak yang banyaknya tuh 1 ruangan baca di rumah :
– Kadang ada resep yang nggak akurat. Ntah itu takarannya ngaco, atau tahapnya yang salah
– Kadang rasa dari hasil resep itu nggak bisa diharapkan
– Penjelasannya kurang lengkap, biasanya untuk pemula sih bakal kurang ngerti
– Kadang walau resepnya bagus, bahan dan takarannya harus disesuaikan dengan selera kita

Nah, jadi untuk menghasilkan makanan yang enak tuh perlu perjuangan. Hargailah orang lain, mereka pasti udah jatuh bangun nyobain resep.

Kalau mau bisa masak sesuatu sampai enak itu perlu perjuangan, kalau orang lain nggak mau kasih resep ya cari sendiri dan eksperimen sendiri. Jangan malas yaaa 🙂

Punya alasan lain kenapa nggak mau bagi resep? Ditunggu komennya

3 thoughts on “Alasan kenapa orang pelit bagi resep masakan

  1. mariana rampengan October 24, 2016 / 2:56 pm

    hehehe banyak yang males sih, kalo ga males ga mungkin cuma nanya aja

  2. arsya raffi October 7, 2016 / 1:46 pm

    wkwkwk biasa kalo ga di kasih resep langsung galak jeung…malah aku dikata2in trus disumpahin kena azab segala

  3. Maria Eva Koesnanti October 5, 2016 / 10:31 am

    Setuju sis..sekali mereka nanya trus diladenin pasti besok2 nanya mulu..dikit2 nanya,.gak ada usaha belajar cari tau sendiri..padahal saya bisa bikin kue juga coba2 resep majalah dan ubah2 sendiri..mau instan tapi gak mau belajar, semua orang juga berusaha belajar dari nol

Apa komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s