Telemarketer maksa mau kirim brosur dan datang ke rumah

Aku sering banget terima telpon dari telemarketer, dari kartu kredit, pinjaman uang, sampai asuransi.

Tapi akhir-akhir ini aku ditelpon telemarketer yang maksa mau datang ke rumah.

Salah satu obrolanku dengan penelpon yang maksa mau kirim brosur tuh begini

Penelpon :
Siang, ini dengan Bu Vian?

Aku :
Iya, ini dari mana?

Penelpon :
Bagaimana kabarnya bu?

(Aku paling sebal kalau dapat telpon begini, ditanya dari mana, mereka suka basa basi mulut manis dan menurutku buang waktu. Aku angkat karna kupikir telpon penting dari orang yang cari aku untuk urusan kerja)

Aku :
Ini dari mana? (Aku langsung to the point tanya lagi karna aku yakin ini bukan urusan kerjaan, kebanyakan basa basi)

Penelpon :
Boleh minta waktunya sebentar? Saya mau kirim brosur ke tempat ibu dan sekalian saya jelaskan brosurnya. Ibu kapan ada waktu ya?

Aku :
Maaf mas, saya nggak berminat penawaran apapun.

Penelpon :
Khan belum dijelaskan, ibu gimana tau kalau ibu nggak berminat, makanya saya mau ke tempat ibu untuk menjelaskan produk kami

Aku :
Memangnya produk apa ya?

Penelpon :
Nah nanti saya jelaskan di tempat ibu, ibu kapan ada waktu?

Aku :
Saya mau taunya sekarang, jadi kalau saya nggak berminat khan mas juga nggak perlu repot buang waktu ke tempat saya. Saya jarang di rumah.

Penelpon :
Lebih jelas kalau saya jelaskan langsung, bu. Kalau ibu jarang di rumah, saya bisa datang ke kantor ibu, kantor ibu dimana?

Aku :
Maaf ya mas, saya lagi sibuk. Terima kasih ya penawarannya

_____________________________
Dari semua penelpon yang mau kirim brosur, ada yang bilang mereka dari jasa perdagangan, media online, penawaran bisnis, investasi dan kebanyakan mau tawarkan produk.

Mereka bilangnya mau bersosialisasi ke tempat kerja atau ke rumahku.

Menurutku ini cara yang cukup aneh, ntah kenapa cara begini harus dilakukan, ini tuh menyebalkan, BANGET.

Aneh aja, udah nggak kenal, tau-tau mau datang ke rumah, tujuannya apa juga nggak jelas.

Niatnya mau kirim brosur dan mau jelaskan isi brosur, tapi mereka nggak mau kasih tau brosur tentang apa, mereka juga nggak mau bilang nama perusahaan atau jasa mereka.

Kita cuma bisa tau info lengkapnya kalau kita ketemuan sama mereka, karna mereka nggak mau jelaskan di telpon. Mereka maunya jelaskan langsung tatap muka.

Nah lho.

Kita aja nggak tau mereka siapa dan apa maksud tujuan mereka

Kalau sampai cara ini juga dilakukan oleh orang jahat gimana?

Kita nggak tau mereka orang jahat atau bukan

Bukan salah para telemarketernya sih, namanya juga kerja, mereka ditugaskan seperti itu

Yang salah itu caranya

Siapa sih yang nggak sebal dengan cara maksa tanpa kasih tau mereka siapa, dari mana, tujuannya apa, mau apa.

_____________________________

Cerita ke 2

Penelpon :
Siang, ini dengan mbak Vian?

Aku :
Iya ini dari mana?

Penelpon :
Perkenalkan saya Adi, mbak kapan ada waktunya ya? Saya mau jelaskan brosur dan bisnis yang menarik nih bu.

Aku :
Tentang apa ya? (walau aku pasti nggak tertarik sih tapi aku tanya, biar tau info terbaru tentang tawaran mereka)

Penelpon :
Ini tentang bisnis investasi emas, ini menarik sekali lho mbak. Mbak kapan ada waktuya? Saya bisa datang ke rumah mbak untuk jelaskan lebih lanjut

Aku :
Ooo, saya maaf mas, nggak ada waktu dan nggak berminat

Penelpon :
Kenapa nggak berminat mbak? Saya khan belum jelaskan. Nggak bisa diluangkan waktunya, mbak?

Aku :
Maaf ya mas, makasih tawarannya.

_____________________________

Cerita ke 2 ini masih mending sih, karna orangnya masih sebut mau jelaskan tentang bisnis investasi emas (dibanding cerita pertama yang nggak mau kasih tau apapun).

Berhubung aku memang nggak tertarik, aku tolak.

Tapi contoh dari cerita ke 2 ini justru harus diwaspadai, terutama emak-emak.

Biasa emak-emak gampang percaya dengan tawaran begini, investasi lah, menguntungkan lah…pokoknya hati-hati deh.

Ya takut aja khan kalau orang jahat pakai cara yang sama dan korban gampang percaya.

2 thoughts on “Telemarketer maksa mau kirim brosur dan datang ke rumah

  1. stefie April 26, 2017 / 1:40 pm

    pagi ini aku baru pertama kali dapet telpon ginian, mbak2 yang nelpon bilang mau minta waktu untuk ketemu di rumah ato di kantor, tujuannya mau sharing perusahaan tempat dia kerja sekalian kasih brosur. kan aku tanya tuh dari perusahaan apa, beneran deh yang kayak sis tulis, orangnya ga mau jelasin via telpon. aneh2 aja ya teknik marketing gitu, siapapun juga bakal males lah ga jelas asal usulnya minta ketemu

  2. renita April 21, 2017 / 1:48 pm

    kemaren2 aku juga ditelponin…sebel banget maksa mo ketemu….mana mungkin sih kita nerima ajakan ketemu dari org yang kita ngga kenal???

Apa komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s