Lagi jualan makanan tapi kok garuk kepala, garuk kaki, ngupil, dan korek kuping?

BTS V – credit to the owner

Pernah liat orang jual makanan yang pas lagi nganggur malah garuk sana sini?

Maksudnya garuk rambut, ketiak, kaki. Hmm atau mungkin ngupil? Atau korek telinga?

Kalau belum…

Bersyukur aja…

Jangan berharap untuk liat itu.

Itu pemandangan yang nggak enak diliat.

Walau misal makanan yang dijual tuh enak banget, setelah liat pemandangan begitu pasti enek banget.

Papaku punya kebiasaan kalau ke tempat yang jual banyak makanan, contoh food court, sederetan makanan gerobak, atau sederetan kios makanan.

Kebiasaannya itu, papa liat orang yang jaga / pembuat makanannya rapi apa enggak, bukan pakai baju bagus ya, tapi penampilannya bersih rapi apa nggak.

Gerak gerik orangnya pun papa perhatikan.

Papa sering banget bisik-bisik begini..

“Kita jangan makan yang itu ya, si ibu itu lagi ngupil tuh”

“Ya ampun, tadinya tertarik sama soto betawi itu, gara-gara liat si bapak lagi duduk angkat kaki sambil garuk-garuk telapak kaki jadi nggak mau ah”

“Liat deh, yang jual nasi itu, masa dia korek kuping sih”

“Masa si bapak-bapak tadi bersin nggak tutup mulut sih, bersinnya di depan bahan bakmie”

Mungkin ada yang kepikiran “ras X tuh biasanya jorok”, ah semua ras juga ada yang jorok. Yang biasa aku liat, ras apa aja ada yang jorok begitu waktu jual makanan.

Karna terlalu sering liat pemandangan nggak enak, papa jadi punya kalimat bijak
“Kalau mau makan, nggak usah tau apapun, nggak usah liat apapun. Kalau udah liat, anggap nggak pernah liat”

Kalau mau negur juga nggak enak, bingung juga mau bilang gimana, takut orangnya tersinggung.

Soalnya orangnya kalau keliatan baik-baik, siapa tau waktu kita negur baik-baik malah dianya galak hahaha.

Kalau dulu jaman belum ada sosial media sih aku dan keluarga ya diam-diam aja.

Sekarang jamannya internet udah dikenal semua orang, biasanya aku langsung hubungi tempat makannya lewat media sosial pakai private message.

Buat yang keluarganya jualan makanan, tolong ingatkan supaya jaga sikap sewaktu jualan.

Bahaya banget kalau makanan enak tapi nama baik jadi rusak gara-gara mungkin lupa kalau lagi jualan, nggak sadar garuk sana sini, belum lagi nanti difoto orang dan dishare ke sosial media.

Punya pengalaman begini juga kah? Komentar ya…

Apa komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s